Kawal Program dengan Kritik Membangun

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Apresiasi perlu diberikan terhadap capaian yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Sigi, secara khusus pada era kepemimpinan Moh Irwan.  Program yang berpihak  terhadap kepentingan masyarakat secara umum, seperti reforma agraria dan pembenahan infrastruktur bidang pekerjaan umum, merupakan program Bupati Sigi dan jajarannya yang patut didukung.

“Media massa perlu mengawal program tersebut, yakni dengan melakukan kritik dan saran yang sifatnya membangun,” kata Dewan Manajemen Trimedia Group, Mahmud Matangara usai bertemu Bupati Irwan di kantor Bupati Sigi, Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Rabu (11/4/2018).

Berita Terkait

Mahmud, yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengah ini, mengatakan tak mudah menjalankan program yang populis saat ini, terutama kegiatan yang terkait dengan pembiayaan daerah. Tidak sedikit pimpinan daerah yang enggan berinovasi karena khawatir dengan ‘sempritan’ dan sanksi dari instansi pemeriksa.  Karena itu, jika ada kepala daerah yang kreatif,  sepanjang berada dalam jalur yang benar dan berpihak kepada masyarakat banyak, kepala daerah tersebut patut mendapat dukungan publik.

Secara khusus, ia mengatakan pihaknya memang telah lama mengagendakan silaturahmi dengan Bupati Sigi. Ia mengatakan Trimedia Group saat ini membawahi lima media cetak harian di Sulteng, yakni Mercusuar, Sulteng Raya, Kaili Post, Banggai Raya, dan Poso Raya. Plus dua media cetak harian di Sumatera, yakni Bengkulu Raya, dan Haluan Lampung.   Trimedia memiliki visi yang utama, yakni menjadi bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.  “Pak Tri Putra (pimpinan umum) selalu mengatakan rakus makan hanya akan menghasilkan penyakit, sedangkan jika rakus membaca akan mendapatkan pengetahuan,” katanya usai pertemuan.

Bupati Sigi menyambut baik silaturahmi  tersebut.  Bupati yang didampingi Kabag Humas Setdakab Sigi Ariyanto pun menyampaikan terimakasih atas dukungan Trimedia Group, secara khusus wartawan Mercusuar yang ikut membantu memberitakan program-program pemerintah daerah di Kabupaten Sigi.  Pihaknya membenarkan aturan dari pemerintah pusat yang mengalami revisi setiap tahun sehingga pemerintah di daerah harus ekstra hati-hati. Ia juga terbuka dengan saran dan kritik yang sifatnya bertujuan untuk kebaikan dan pembangunan daerah.  DAR

Baca Juga