Lomba Desa Sebagai Motivasi Pembangunan

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Perlombaan desa jangan hanya dijadikan sebagai kegiatan tahunan yang bersifat seremonial dan kebiasaan belaka untuk mendapatkan hadiah, tetapi dijadikan sebagai upaya untuk mendorong motivasi pemerintah desa dan masyarakat guna terus menumbuhkembangkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam setiap kegiatan pembangunan.

“Terima kasih kepada seluruh komponen yang telah berpartisipasi dalam lomba desa,” kata Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta saat menghadiri penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sigi di Desa Tompi Bugis, Kecamatan Kulawi Selatan melalui rilis yang dikirim Bagian Humas Sekretariat Kabupaten Sigi, Rabu (2/5/2018).

Berita Terkait

Menurutnya, untuk mengikuti ajang lomba desa tingkat selanjutnya, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain inisiatif dan kreativitas daerah dalam pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa, tingkatkan kepatuhan terhadap kebijakan penyelenggaraan pemerintah dan kinerja camat, kepala desa serta perangkatnya dalam pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa.

“Lomba desa merupakan salah satu kegiatan untuk mengevaluasi perkembangan desa dan menilai keberhasilan program pembangunan disegala bidang yang telah dilaksanakan, sehingga desa yang dinilai merupakan salah satu desa yang terbaik di masing-masing kecamatan,” jelas Bupati.

Ketua TP-PKK Kabupaten Sigi. Hazizah M Irwan mengharapkan agar seluruh penggerak PKK kecamatan maupun PKK desa dapat terus menjalankan program-program PKK untuk mensejahterakan masyarakat.

Dia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam tanaman hortikultura yang dapat dimanfaatlan sebagai tanaman konsumsi maupun tanaman yang berguna untuk pengobatan.AJI

 

Baca Juga