Masyarakat Uerani Diharap Pelihara Fasilitas Umum

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Kepala Desa (Kades) Uerani, Kecamatan Palolo Mei Yakub mengharapkan masyarakat setempat dapat memelihara fasilitas umum yang telah terbangun di desa itu, termasuk yang dibangun menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD).

Ia mengaku pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Uerani terus berusaha mengelola anggaran ADD maupun DD serta merealisasikannya sesuai kebutuhan masyarakat.

Berita Terkait

Olehnya itu, ketika fasilitas umum telah terbangun, maka tugas masyarakat adalah memeliharanya agar bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang.

Pilihan Redaksi :  Bupati Sigi Curhat ke Ketua Banggar DPR RI 

“Kami membangun desa melalui prosedur yang telah ditentukan, dimana pembangunan harus merupakan aspirasi serta kebutuhan masyarakat. Sehingga bisa tepat sasaran. Nah saat sudah kami bangun, giliran masyarakat membantu kami memeliharanya, jangan dirusak, tapi tolong dijaga,” tandas Yakub melalui telepon, Jumat (29/6/2018).

Ia menyebutkan beberapa fasilitas umum telah terbangun sejak adanya ADD dan DD.

Untuk tahap awal di tahun 2018, pihaknya merencanakan pembangunan drainase, jalan usaha tani hingga bedah rumah.

“Semua ini prioritas yang harus kami laksanakan. Kami berharap masyarakat tetap berpartisipasi dalam proses pembangunannya hingga pemeliharaannya. Untuk tahap pertama tahun ini, pembangunan fisik kami fokus di tiga item tersebut,” ujarnya.

Pilihan Redaksi :  Bupati Sigi Curhat ke Ketua Banggar DPR RI 

Yakub berharap nominal ADD dan DD untuk tahun 2019 mendatang bisa dinaikkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi maupun pemerintah pusat, mengingat masih banyak aspirasi masyarakat yang belum terakomodir.

“Apalagi desa kami merupakan desa pemekaran, sehingga butuh bantuan dana untuk perlahan lahan membangun desa kami,” tutupnya. BAH

 

Baca Juga