Pemkab Sigi dan Masyarakat Bersinergi

  • Whatsapp
HLL

SIGI, MERCUSUAR – Dalam rangka melaksanakan program dalam rangka mewujudkan impian meraih penghargaaan Adipura, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi harus bersinergi dengan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan. Demikian dikatakan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, Senin (13/8/2018).

Kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, masyarakat dan dinas/instansi terkait kata dia, perlu dibina dan dijalin secara terus menerus dan berkesinambungan. Kata dia, kedepan kegiatan pengelolaan lingkungan yang ideal ini, tidak hanya dilakukan pada saat menghadapi penilaian Adipura saja, melainkan juga menjadi Program Pemerintah Daerah secara terus menerus, konsisten dan kontinyu, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan teduh, sesuai dengan tema lingkungan yang sedang digalakkan yaitu ‘Clean and Green’, sekaligus menyukseskan program Sigi Hijau.

Pilihan Redaksi :  Sigi dan Kejati Sulteng Kerjasama GAMJAK 

Menurut Bupati, untuk mendapatkan Adipura itu masih sangat jauh dan panjang perjalanannya, tetapi minimal kata dia, pondasi untuk meraih Adipura sudah ditanamkan melalui langkah-langkah yang kita lakukan.

“Program Adipura adalah salah satu program yang direncanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk membantu Pemerintah Daerah, dalam hal ini Provinsi, Kota dan Kabupaten untuk meningkatkan kemampuannya dalam pengelolaan lingkungan hidup daerahnya. Sasaran dari Adipura adalah terwujudnya pemerintahan yang baik (Good Governance) dan lingkungan yang baik (Good Environment),” jelas Bupati.

Kata Bupati, tujuan di balik penghargaan Adipura, antara lain untuk menurunkan tingkat polusi dari limbah domestik, merealisasikan kesehatan lingkungan dan merealisasikan budaya bersih lingkungan.

Pilihan Redaksi :  Wabup Hadiri Ibadah Syukur di Sopu

Kegiatan ini berkaitan dengan Visi Pemerintah Kabupaten Sigi, yakni bagaimana mewujudkan Kabupaten Sigi yang maju, mandiri berbasis ekonomi kerakyatan, yang didalamnya ada misi yang di dalamnya ada tiga program inovasi, yaitu Sigi Religi, Sigi Masagena dan Sigi Hijau.

Program ini sendiri menurutnya, masuk di inovasi Sigi hijau, di mana terkait dengan hal tersebut, ada tiga poin yang didorong, yaitu terkait dengan penataan lingkungan, penanaman pohon, pemeliharaan pohon, peningkatan serta pengembangannya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, para Staf Ahli, para Asisten Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi, narasumber dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sulawesi Maluku dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). AJI/*

Baca Juga