Selaraskan Rencana Pembangunan Nasional dan Daerah

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 sebagai bentuk koordinasi penyelarasan rencana pembangunan nasional dengan rencana pembangunan daerah. Hal tersebut sesuai dengan amanat UU Nomor: 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Demikian rilis yang diterima Media ini dari Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi, Selasa (1/5/2018).

Berita Terkait

Pada kegiatan Musrenbangnas RKP 2019 itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi diwakili oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sigi Muh Basir Lainga.

Dijelaskannya, Musrenbangnas dalam rangka penyusunan RKP 2019 tersebut, diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas.

Pilihan Redaksi :  50 Persen Siswa SMPN 2 Sigi Divaksin

“Musrenbangnas RKP 2019 dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dihadiri oleh para pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah non-Kementerian, para Gubernur, para Bupati/Walikota, serta para pemangku kepentingan pembangunan lainnya,” ujarnya.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam sambutannya mengatakan Musrenbangnas RKP 2019 melanjutkan tahun sebelumnya. Kebijakan penyusunan RKP 2019, mengusung tema pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan yang berkualitas.

Menurut Menteri, RKP 2019 memperhatikan tiga hal. Pertama, perkuat perencanaan dan penganggaran dengan menajamkan Prioritas Nasional dan Program Prioritas pada tahun 2019 serta memperkuat koordinasi antara Kementerian/Lembaga dan Pusat- Daerah.

Kedua, pengendalian perencanaan yang dilakukan dengan menyusun proyek prioritas pembangunan untuk memastikan perencanaan dijalankan dengan baik. Terakhir, RKP 2019 juga memperhatikan perkuatan perencanaan berbasis kewilayahan yang dilakukan dengan penyusunan proyek prioritas hingga detail rencana lokasi pembangunan, serta penajaman integrasi sumber pendanaan.AJI

Pilihan Redaksi :  Wabup Kunjungan Kerja ke Towulu

 

 

Baca Juga