Sigi Gelar Pertemuan Bahas Kawasan Perkantoran Bora

  • Whatsapp
HLL-de547c7e
FOTO: Bupati Sigi, Moh. Irwan Lapatta, didampingi Asisten II Setdakab Sigi, Iskandar Nongtji dan Kadis PUP Sigi, Henri Kusuma Rombe, saat menghadiri pertemuan pemasaran lanjutan terkait kajian kawasan perkantoran Bora, bersama LPPM Untad, di salah satu warkop di Kota Palu, Jumat (14/1/2022). FOTO: SANAJI/MS

 SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP) Sigi menggelar pertemuan pemaparan lanjutan, terkait kajian penelitian kawasan perkantoran Bora, bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Untad, di salah satu warkop di Kota Palu, Jumat (14/1/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati Sigi, Moh. Irwan Lapatta mengatakan, dari beberapa opsi yang dipaparkan oleh LPPM Untad, pembangunan kawasan perkantoran Bora, tetap memperhatikan beberapa aspek ekonomi, wisata, ruang terbuka hijau, serta dapat meminimalisir dari resiko bencana dan dari semua aspek ini. 

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Jasa Raharja Gelar Diklat bagi Nakhoda dan ABK

Kata dia, kawasan perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi tetap di Desa Bora, Kecamatan Sigi Kota. Sebagai Ibu Kota Kabupaten Sigi dan sebagai pusat pelayanan administrasi pemerintahan, sebagai kekuatan terbukanya ruang ekonomi yang baru. 

Hanya saja harus benar-benar diteliti mengenai struktur tanahnya, mengingat Kabupaten Sigi merupakan salah satu daerah yang masuk daerah rawan gempa.

Dijelaskan, salah satunya adalah terkait pembangunan kembali Kantor Bupati Sigi, mengingat Kantor Bupati Sigi yang lama sudah rusak akibat bencana gempa tahun 2018 silam.

Sementara itu, Tim Ahli Untad, Dr Taslim mengatakan, kawasan  kantor lama, berpotensi terhadap gempa, namun dari segi struktur masih dimungkinkan untuk digunakan. 

Lanjutnya, terkait kantor Bupati Sigi dengan aspek kerusakan yang berat akibat gempa, maka kami rekomendasikan Kantor Bupati Sigi di bangun diluar lokasi yang ada saat ini.

Pilihan Redaksi :  Jasa Raharja Gelar Diklat bagi Nakhoda dan ABK

Ada empat alternatif lokasi yang bisa dibangun Kantor Bupati Sigi yakni, Jalur Bora-Pandere, Dekat Bundaran Bora, di Belakang Alkaf Jalan Poros Palolo dan lokasi di belakang air panas Bora. 

Menurut Taslim, semua alternatif ini memang ada kelebihan dan kekurangannya, alternatif kedua dipilih sebagai pusat perkantoran, sedangkan untuk alternatif 4 untuk pusat wisata. 

“Empat alternatif akan  digunakan semua, sesuai dengan kelebihan masing-masing lokasi,” ujarnya. 

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Sigi, Iskandar Nongtji, Kadis dan Sekretaris PUP Sigi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Untad, Bidang Cipta Karya, Bidang Tata Ruang, Bidang Bina Marga dan Bidang Perumahan. AJI

Baca Juga