Tiga Desa Sepakat Damai

  • Whatsapp
TAPAL BATAS- Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta didampingi Camat Marawola Gazali saat menanam tapal batas yakni Binangga, Boya Baliase dan Desa Baliase, Kamis (7/6/2018).FOTO:DOK HUMAS SIGI

SIGI,MERCUSUAR-Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta mediasi pertemuan penyelesaian tapal batas tiga desa yakni Desa Binangga, Boya Baliase dan Desa Baliase Kecamatan Marawola, Kamis (7/6/2018).

Berita Terkait

 

Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta dalam arahannya mengatakan, bahwa agar pertemuan ini dapat dijadikan acuan untuk membuat kesepakatan bersama terkait permasalahan tapal batas ketiga desa tersebut. Demikian rilis yang dikirimkan oleh bagian humas Pemkab Sigi.

 

Katanya, dalam kesempatan ini, bupati memberikan kesempatan kepada ke-3 desa untuk bermusyawarah terlebih dahulu melalui beberapa perwakilan yaitu mantan Kepala desa, Kepala Desa, sekretaris desa, ketua BPD, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh adat.

 

Kata dia, pertemuan ini menghasilkan beberapa kesepakatan yang ditandatangani dalam Berita Acara Kesepakatan Musyawarah, di antaranya, Desa Binangga dan Desa Boya Baliase menyerahkan sepenuhnya pengelolaan lapangan sepak bola (yang menjadi sengketa) kepada Pemerintah Kabupaten Sigi dengan mengacu berita acara 23 Agustus 2013.

 

Kemudian, Pemerintah Kabupaten Sigi memfasilitasi pembangunan lapangan sepak bola yang baru diperuntukkan Desa Boya Baliase. Selanjutnya sesuai isi salah satu poin berita acara, Bupati Sigi dan peserta musyawarah langsung menuju lokasi batas untuk pemasangan patok dan penentuan titik koordinat.

 

Hadir dalam pertemuan ini, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Kapolsek Marawola, Danramil Marawola, Kepala Bagian Adminstrasi Pemerintahan Umum, Camat Marawola, perwakilan Badan Kesbangpol, Dinas PMD, Satuan POLPP dan Damkar, serta masyarakat dan perangkat desa dari ketiga desa tersebut.AJI/*

Baca Juga