Bupati : ASN Harus Junjung Profesional Kerja

  • Whatsapp
HLL-c5716d5d

SIGI, MERCUSUAR – Aparatur Sipil Negara  (ASN) menjadi satu komponen penentu penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, termasuk kepada komponen civitas akademik. Oleh karena itu, integritas dan profesionalitas kerja, dan kedisiplinan ASN, menjadi aspek penting yang melekat pada diri setiap ASN dan dijunjung tinggi dalam melaksanakan kinerjanya.

Demikian dikatakan Bupati Sigi, Moh. Irwan Lapatta, saat menjadi narasumber di Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan  (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, dalam rangka optimalisasi pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia ASN, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Selasa (30/11/2021).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Gubernur Optimis Angka Stunting Dapat Diturunkan

Kata dia, setiap tahun aturan yang berkaitan dengan pembinaan, kode etik, serta kinerja tugas dan fungsi ASN terus mengalami perubahan dan semakin ketat. Maka, ASN sebagai abdi negara harus mampu memberikan kontribusi nyata yang baik dalam tugas dan fungsinya.

“Kehadirian teknologi yang digunakan oleh pemerintah dalam sistem perekrutan ASN, menjadi satu solusi dalam mencari ASN yang benar-benar memiliki integritas dan profesionalitas kerja. Sistem tersebut, sekaligus memutus mata rantai nepotisme yang sebelumnya sering terjadi dalam perekrutan ASN,” jelasnya.

Lanjutnya, ASN harus memiliki ide-ide dan gagasan yang progresif dalam menjabarkan tugas dan fungsi, untuk menopang pencapaian visi dan misi lembaga.

Sementara itu, Dekan FTIK UIN Datokarama Dr Hamlan menyatakan, pembinaan SDM ASN merupakan satu bentuk tindak lanjut dari peningkatan kualitas tata kelola birokrasi untuk percepatan pelayanan kepada masyarakat dan civitas akademik.

Pilihan Redaksi :  Sosialisasikan Penggunaan Bahasa Negara di Ruang Publik

“Pembinaan ini dilakukan secara berkelanjutan, dengan menggandeng para pihak dari eksternal dan internal lembaga,” ujarnya.

Hamlan secara kelembagaan menyampaikan apresiasi kepada Bupati Sigi  yang bersedia bekerjasama dalam pembinaan SDM ASN, untuk percepatan pelayanan kepada masyarakat.

Berkaitan dengan itu Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dr Mohamad Idhan mengatakan, bahwa UIN Datokarama akan terus berupaya memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Sigi. AJI

Baca Juga