Dewan Adat Sigi, Akan Terus Bersinergi dengan Pemerintah

SIGI, MERCUSUAR – Dewan Adat Kabupaten Sigi menyatakan komitmen akan terus bersinergi dengan pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Adat Kabupaten Sigi, Aries Singi saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Kabupaten Sigi, yang bertepatan dengan HUT ke-3 Dewan Adat Sigi, di lapangan Desa Binangga Kecamatan Marawola, Senin (24/6/2024).

Aries Singi mengatakan, saat ini Dewan Adat Sigi telah mengukuhkan 10 Majelis Adat di 10 kecamatan. Sehingga, masih ada tersisa 6 kecamatan lagi yang Majelis Adatnya belum dikukuhkan.

“Untuk 6 kecamatan yang majelis adatnya belum dikukuhkan adalah Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro, Sigi Kota, Kinovaro dan Marawola Barat,” ungkap Aries. 

Selanjutnya, pada tahun 2024 ini, Aries menyebut pihaknya juga mendapatkan bantuan dana hibah dari Pemkab Sigi sebesar Rp150 juta.

“Bantuan dana hibah tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemkab Sigi kepada Dewan Adat Kabupaten Sigi,” imbuh Aries.

Selain itu, Aries juga mengungkapkan pihaknya telah menerapkan penggunaan siga (alat tutup kepala tradisional) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) laki-laki, dan sampulu untuk ASN wanita, setiap hari Kamis.

Aries juga menyampaikan harapan, Kepala Daerah yang terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sigi mendatang dapat melanjutkan program-program positif, seperti Sigi Religi, Sigi Masagena, dan Sigi Hijau. AJI

Pos terkait