JOB Tomori Gelar Workshop Program Pemberdayaan Masyarakat

  • Whatsapp

BANGGAI, MERCUSUAR – JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) menggelar workshop Logical Framework Analysis (LFA) yang melibatkan stakeholder tingkat kecamatan dan desa di wilayah kerja, di Banggai, 24—25 November 2023.

Dalam sambutannya, Logical Framework Analysis jelas M. Ary Bagus Pratomo yang mewakili kepala SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul) mengatakan, workshop tersebut merupakan salah satu pendekatan untuk mengidentifikasi potensi sumberdaya yang dimiliki desa, untuk merencanakan program yang sangat dibutuhkan masyarakat. 

“Melalui kegiatan ini diharapkan desa-desa di wilayah kerja Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dapat lebih bersinergi dengan JOB Tomori, sebagai industri hulu migas yang menjalankan amanah dari pemerintah Republik Indonesia di bawah pengawasan SKK Migas,” kata Ary.

Olehnya itu, ia mengajak seluruh pihak untuk menjaga keberlangsungan industri migas, demi kepentingan bersama, yaitu ketahanan energi nasional dan penunjang pendapatan negara serta daerah.

Sementara Field Senior Manager JOB Tomori, Abidzar Akman mengatakan LFA hari pertama yang diselenggarakan di Desa Argomulyo mempunyai semangat yang sama dengan LFA hari kedua, sebagai simbol serta konsistensi manajemen, dalam memajukan masyarakat yang terdampak atas kehadiran perusahaan.

“Karena kegiatan ini merupakan suatu media untuk bersama-sama dalam menciptakan formula program yang tepat, bagi desa-desa bersama JOB Tomori untuk saling bersinergi,” terang Abidzar.

Ia menjelaskan, LFA hari kedua diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan, terkait perencanaan dan penyusunan program pemberdayaan masyarakat, yang berpotensi untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola sumberdaya yang dimilikinya.

“Sumberdaya yang dimaksud adalah Sumber Daya Manusia (SDM), sumberdaya finansial, sumberdaya sosial, sumberdaya fisik, sumberdaya modal dan sumberdaya alam,” tuturnya.

LFA, sambungnya, tidak sekadar memberikan pembekalan terkait pengelolaan sumberdaya yang ada, namun sekaligus menjadi ajang silaturahmi manajemen JOB Tomori bersama pemimpin desa dengan aparatnya.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat,” imbuh Abidzar.

Sedangkan Camat Moilong, Ikhwan Ahmad mengatakan LFA menjadi salah satu kesempatan, agar masyarakat, terutama Kepala Desa bersama aparat desa, bisa memahami program yang bisa diterapkan di desa masing-masing.

Baca Juga