KPU Touna Luncurkan Tahapan Pilkada

KPU Touna meluncurkan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, di lapangan eks STQ Bumi Mas Uemalingku Kecamatan Ratolindo, Sabtu (1/6/2024). FOTO: IST.

TOJO UNAUNA, MERCUSUAR – Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Unauna (Touna) meluncurkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati 2024, di lapangan eks STQ Bumi Mas Uemalingku Kecamatan Ratolindo, Sabtu (1/6/2024).

Dalam tahapan peluncuran itu, KPU Touna menghadirkan penyanyi Vicky Salamor dan Selfi Yamma, untuk mengibur ribuan masyarakat yang hadir.

Ketua KPU Touna, Ahdin L. Nondo mengatakan sebagaimana ketentuan Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, bahwa KPU berkewajiban menyampaikan informasi penyelenggaraan pemilihan kepada masyarakat.

“Pilkada 2024 akan diselenggarakan pada hari Rabu 27 Nopember 2024. Pertama kalinya diselenggarakan Pemilu dan Pilkada di tahun yang sama, dan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Ahdin.

KPU Touna sebagai penyelenggara Pemilu dan Pilkada, lanjut Ahdin, saat ini masih dalam tahapan persiapan, telah melakukan perencanaan, program dan anggaran yang melibatkan Pemerintah Daerah dalam pengalokasiannya.

“KPU Touna sudah membentuk jajaran panitia penyelenggara atau ad hoc yaitu PPS di 146 kelurahan dan desa dengan kapasitas 3 orang per kelurahan atau desa,” ujarnya.

Selanjutnya, KPU Touna juga akan membentuk petugas pemutakhiran data pemilih, pada awal Juni 2024. Petugas tersebut akan berkunjung ke rumah-rumah warga, untuk melakukan pendataan calon pemilih berbasis TPS.

Pos terkait