NGOPI Kemenag, Pendidikan Islam Berkontribusi Positif pada Pembangunan

  • Whatsapp

TOLITOLI, MERCUSUAR – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tolitoli menjadi tuan rumah pelaksanaan Ngobrol Pendidikan Islam (NGOPI) Zona Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Buol, yang dilaksanakan Kantor Wilayah Kemenag Sulteng dengan pendampingan dari DPR-RI, di Aula Kemenag Kabupaten Tolitoli, Kamis (5/10/2023).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tolitoli, Moh. Taslim dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah wujud dari semangat kolaborasi dan sinergi di antara semua pihak, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Buol.

“Dengan peserta yang beragam dari berbagai latar belakang, termasuk pejabat pengawas, Kepala Madrasah, dan perwakilan dari Kemenag Buol, kita dapat berbagi pengalaman, pandangan, dan ide-ide yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam upaya memajukan pendidikan Islam di wilayah kita,” ujar Taslim.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kerja sama, membangun jaringan yang lebih kuat, dan merumuskan langkah-langkah strategis untuk menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan Islam.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Ulyas Taha dalam arahannya mengatakan bahwa bahasan NGOPI sangat luas, tidak hanya berbicara tentang madrasah, tetapi berbicara pendidikan Islam secara umum, termasuk kondisi pendidikan Islam di sekolah umum.

“Kita harus melihat pendidikan Islam secara holistik dan integratif, tidak terpisah-pisah. Kita harus memastikan bahwa pendidikan Islam dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan bangsa dan masyarakat,” kata Ulyas.

Ia juga berharap kepada seluruh peserta kegiatan, agar dapat menyampaikan seluruh kendala dan kegelisahan selama ini, dalam rangka mengembangkan pendidikan Islam di Kabupaten masing-masing.

“Kegiatan ini bukan sekadar acara ngobrol biasa, melainkan untuk mencari inovasi baru dalam perkembangan mutu dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Buol,” pungkas Ulyas. */IEA

Baca Juga