Pemkab Morut Perpanjang Masa Jabatan 28 Kades

Charles Natanael Toha

MOROWALI UTARA, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Utara (Morut) secara resmi memperpanjang masa jabatan 28 Kepala Desa (Kades), dari yang telah habis masa jabatannya hingga tahun 2026.

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati nomor 188.45/Kep-B.MU/0107/V/2024 tertanggal 15 Mei 2024, yang ditandatangani Bupati Morut, Dr. dr. Delis Julkarson Hehi.

Perpanjangan masa jabatan para Kades tersebut menyusul keluarnya Undang-undang nomor 3 tahun 2024 tentang Desa, yang antara lain mengatur masa jabatan Kades dari enam tahun menjadi delapan tahun.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Morut, Charles Natanael Toha menjelaskan, ke-28 kades yang diperpanjang masa jabatannya tersebut, adalah yang berakhir masa tugasnya pada April hingga 14 Mei 2024.

“Selanjutnya akan ada lagi Kades yang diperpanjang masa jabatannya, jika masa tugasnya selama enam tahun telah berakhir,” jelas Charles saat dihubungi, Jumat (17/5/2024).

Ia mengungkapkan, saat ini sebenarnya ada 30 Kades di Morut yang masa jabatannya telah berakhir periode April 2024 hingga 14 Mei 2024. Namun, 2 di antaranya mengundurkan diri. Yakni Erman Tamalanga (Kades Korowou) karena sakit, dan Kisran (Kades Bungintimbe) karena mencalonkan diri sebagai caleg pada Pemilu 2024 lalu.

Ke-28 kepala desa yang diperpanjang masa jabatannya selengkapnya sebagai berikut. Kecamatan Lembo masing-masing Mart Hert Tampake (Kades Beteleme), Yandris Kelo (Kades Uluanso), Elieser Bareta (Kades Mora), Ferdinan Maragani (Kades Wara’a), Austerling Tampake (Kades Tingkea’o), Yopin Lagandesa (Kades Wawopada), Erimol Tolede (Kades Tinompo), Iskar Mbatono (Kades Korompeeli), Williem Pontengi (Kades Lemboroma), Ronal Ridwan Lagarinda (Kades Lembobaru), dan Triono (Kades Korobonde).

Pos terkait