Pemkab Sigi Akan Lanjutkan Operasi Pasar

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi telah melaksanakan kegiatan operasi pasar, sebagai bagian dari program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), belum lama ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sigi, Agus Munandar, ditemui media ini, Kamis (21/9/2023) mengatakan, program tersebut dijalankan Pemkab Sigi bekerja sama dengan Perum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Sulteng.

Sasarannya adalah tiga pasar di Kabupaten Sigi, yakni Pasar Ranggulalo di Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru, Pasar Kecamatan Dolo, dan Pasar Tangarava di Kecamatan Marawola.

Agus mengatakan, di setiap operasi pasar, pihaknya bersama Perum Bulog menyediakan pasokan sebanyak 1 ton beras, bahkan lebih, tergantung stok dari Perum Bulog. Beras tersebut merupakan beras bersubsidi yang dijual dengan harga Rp10.900 per kilogram. 

“Kegiatan ini juga mendapat apresiasi masyarakat. Mereka meminta kegiatan ini rutin dilaksanakan, agar menekan harga beras yang masih tinggi sampai saat ini,” jelasnya. 

Menurutnya, antusias tinggi tersebut, terlihat pada setiap pelaksanaan operasi pasar, seluruh beras yang disediakan dalam waktu kurang lebih sejam telah habis terjual.

Ia menegaskan, operasi pasar akan terus dilaksanakan oleh Pemkab Sigi, apalagi jelang perayaan Natal pada Desember 2023 mendatang. Sehingga dapat memberikan dampak penurunan harga pangan, khususnya beras. AJI

Baca Juga