Pengelolaan Pendidikan Adalah Komitmen Bersama

  • Whatsapp
PENDIDIKAN-fce29cf0
Nurlaili

PALU, MERCUSUAR – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng melalui Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah se-Sulteng, di salah satu hotel di Palu, Kamis (14/7/2022).

Dalam sambutannya saat membuka acara, Kepala Bidang Pakis Kanwil Kemenag Sulteng, Hj. Nurlaili menegaskan, pengelolaan pendidikan seharusnya menjadi komitmen bersama seluruh elemen bangsa. Karena menurutnya, pendidikan merupakan instrumen pembangunan yang sangat menentukan bagi kelangsungan hidup masyarakat dan bangsa.

“Di antara faktor paling penting dalam terselenggaranya pendidikan yang bermutu, yaitu pengembangan kompetensi guru, pengawas, dan tenaga kependidikan lainnya,” tegas Nurlaili.

Ia mengatakan, guru dan pengawas PAI merupakan bagian yang tak terpisahkan terkait pengembangan pendidikan.

“Peran pengawas dalam penyelenggaraan program PAI sangatlah krusial, agar jalannya fungsi pendidikan pada PAUD, dasar, dan menengah bisa sesuai dengan mutu yang diharapkan. Tentu butuh komitmen bersama untuk wujudkan hal ini,” ujarnya.

Rakor yang digelar hingga Sabtu (16/7/2022) tersebut diikuti sebanyak 35 peserta yang merupakan perwakilan Kepala Seksi Pendidikan Islam (Pendis) dan Pengawas PAI dari Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota se-Sulteng.

Kepada seluruh peserta, Nurlaili berpesan untuk melakukan inventarisasi segala permasalahan yang dihadapi, dalam menjalankan tugas sebagai pengawas PAI.

“Kami minta kepada seluruh pengawas memberikan masukan dan kritikan, sehingga dapat diketahui kebutuhan apa yang hendak diakomodir. Kiranya pelaksanaan Rakor ini dapat memberi manfaat penyusunan program kegiatan bidang Pakis, untuk mencari metode serta pendekatan yang tepat untuk melaksanakan kegiatan PAI pada sekolah ke depannya,” pungkas Nurlaili. */IEA

Baca Juga