Peringatan HUT ke-78 TNI di Poso, Prajurit TNI Diminta Jaga Netralitas Dalam Pemilu 2024

  • Whatsapp

POSO, MERCUSUAR – Puncak perayaan HUT TNI ke 78 di Kabupaten Poso dipusatkan di lapangan merah putih Batalion Infantri 714/Sintuwu Maroso, Desa Maliwuko, Kecamatan Lage, Kamis (5/10/2023). Bertindak selaku inspektur upacara Komandan Kodim 1307 Poso, Letkol (Inf) Hasroel Tamin, sedangkan komandan upacara, Danton Kes Yonif 714/SM, Letda CKM. I Kadek Winata Putra dan Pa Up Wadan Den Zipur 15/SLM, Lettu Czi Enang Sofyan. 

Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Dandim 1307 Poso menyampaikan, TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik. 

“Peringatan HUT ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju, yang mengandung makna, kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam demokrasi untuk mewujudkan mengawal Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera,” ucap Dandim 1307 Poso.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi bangsa ke depan, adalah menghadapi pemilihan umum serentak tahun 2024. Karenanya, melalui kesempatan tersebut Dandim 1307 Poso juga berpesan kepada segenap prajurit, untuk senantiasa menjaga netralitas TNI dalam pemilu mendatang. 

“Segenap anggota TNI dilarang berpihak kepada salah satu kandidat peserta Pemilu maupun pemilihan presiden dan wakil presiden,” kata Dandim 1307 Poso, Hasroel Tamin, kepada wartawan usai memimpin jalannya upacara. 

Upacara HUT TNI di Poso kali ini juga diwarnai dengan beberapa atraksi menggagalkan tindak kejahatan jalanan terhadap pengendara sepeda motor, dengan kemampuan beladiri yang dimiliki. Acara juga dirangkaikan dengan penyerahan tumpeng dari Kapolres Poso dan Bank BRI Poso kepada Dandim 1307 Poso, Danyon 714/SM dan Dan Den Zipur 15/SLM. 

Turut hadir dalam peringatan HUT ke-78 TNI ini, Bupati Poso, Verna Inkiriwang, Kapolres Poso, Kajari Poso, Kepala BNN Poso, Wakil Ketua DPRD Poso, pemuka agama Kabupaten Poso, Ketua Persit Kodim 1307 Poso dan Ketua Bhayangkari Polres Poso. ULY

Baca Juga