Perpisahan Lulusan MAN 2 Kota Palu, Kakanwil: Jangan Hanya Lihat Output, Tapi Juga Outcome

PERPISAHAN-6328569b
 Kepala MAN 2 Kota Palu, Syamsu Nursi mengalungi medali penanda kelulusan kepada siswa yang menamatkan pendidikannya di MAN 2 Kota Palu tahun ajaran 2021-2022, Selasa (24/5/2022). FOTO: IMAM EL ABRAR/MS

PALU, MERCUSUAR – Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Kota Palu menggelar perpisahan siswa lulusan tahun ajaran 2021-2022, di auditorium MAN 2 Kota Palu, Selasa (24/5/2022).

Pada kegiatan tersebut, seratus persen siswa kelas XII MAN 2 Kota Palu yang telah mengikuti serangkaian ujian akhir dinyatakan lulus, dan secara resmi disematkan tanda sebagai lulusan MAN 2 Kota Palu.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, H. Ulyas Taha dalam sambutannya mengingatkan madrasah untuk tidak terpaku pada hasil kelulusan seratus persen (output). Tetapi menurutnya, madrasah harus turut melakukan pemantauan terhadap langkah-langkah keberhasilan lulusannya ke depan (outcome).

“Lulus seratus persen itu namanya output, kita bisa lihat langsung berapa banyak yang lulus. Tetapi outcome-nya kita belum tahu, apakah hasil dari lulusan ini mereka akan berhasil dalam menggapai apa yang mereka atau orang tua harapkan. Hasil ini akan diukur, berapa orang yang meninggalkan madrasah dalam waktu setahun, berapa persen yang berhasil menempati tempat-tempat yang mereka inginkan. Kalau persentasi ini rendah, maka akan menjadi bahan evaluasi bagi suatu lembaga pendidikan,” tegas Ulyas.

Ia juga mengingatkan kepada para lulusan, bahwa tamat dari madrasah bukanlah sebuah akhir, melainkan awal perjuangan untuk melihat dan menghadapi tantangan dunia yang besar ke depannya.

Selain itu, ia juga mengajak para orang tua untuk terus memberikan bimbingan dan arahan kepada anak-anaknya. Ia berharap, para lulusan tidak putus pendidikan baik pendidikan formal ataupun pendidikan keterampilan untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki.

“Banyak lembaga pendidikan, lembaga keterampilan dan lembaga-lembaga pengembangan bakat lainnya, anak-anak tetap kita harapkan untuk bisa melanjutkan, karena kehidupan mereka ke depan akan lebih besar tantangannya dibandingkan kehidupan kita saat ini,” ujarnya.

Kepala MAN 2 Kota Palu, H. Muh. Syamsu Nursi mengatakan, seluruh siswa kelas XII MAN 2 Kota Palu telah melaksanakan seluruh rangkaian ujian dan ditetapkan seratus persen lulus.

Pos terkait