Sigi Komitmen Jaga Kelestarian Hutan

  • Whatsapp
FOTO WABUP TANAM POHON

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, komitmen menjaga kelestarian hutan di Sigi yakni dengan menanam pohon jenis eboni atau kayu hitam yang merupakan jenis tanaman endemik Pulau Sulawesi. Mengingat luas hutan di Sigi sekira 75% dari total luas wilayah Sigi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi saat menghadiri penanaman pohon dalam rangkaian peringatan hari Bhakti Rimbawan yang diperingat setiap 16 Maret bertema ‘Terus Berbakti di Tengah Pandemi untuk Lingkungan dan Hutan Lestari,’ di Desa Sibedi, Kecamatan Marawola, Sabtu (13/3/2021).

Demikian rilis diterima wartawan Mercusuar, Sabtu (13/3/2021) malam.

Menurut Wabup, jenis tanaman produktif sangat diminati masyarakat, karena selain memberi nilai pelestarian juga memberikan nilai ekonomi.

“Dengan minat tersebut akan diikuti oleh kesadaran masyarakat untuk memelihara,” jelasnya pada kegiatan yang turut dihadiri, antara lain Kepala Balai Taman Nasional Lore Lindu, Dekan Fakultas Kehutanan Untad, Kepala Badan Pendapatan Sigi, Camat Marawola, unsur TNI dan POLRI dan tokoh masyarakat di sekitar lokasi penanaman pohon.

PAda kesempatan itu Wabup mengucapkan terima kasih pada Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sulteng yang telah mendukung komitmen tersebut melalui kegiatan penanaman pohon di lokasi wisata Bukit Asam Desa Sibedi.

Sementara itu, Kepala Dishut Provinsi Sulteng, Nahardi menjelaskan bahwa selain untuk memperingati Hari Bhakti Rimbawan kegiatan itu sebagai bentuk dukungan terhadap Program Sigi Hijau.

“Diharapkan gerakan penanaman pohon ini dapat diikuti pula dengan pemeliharaan yang konsisten,” pesan Nahardi.

Halaman Selanjutnya

TEKEN KERJASAMA…

Baca Juga