Kemenag Tolitoli Laksanakan Pembinaan ASN

  • Whatsapp
KEMENAG

TOLITOLI, MERCUSUAR – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tolitoli melalui Sub Bagian Tata Usaha, melaksanakan Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN), bertempat di MIN 2 Tolitoli, Rabu (24/2/2021).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tolitoli, Muchlis dalam arahannya, menyampaikan lima program prioritas Kemenag. Program yang pertama adalah peningkatan pemerataan layanan pendidikan berkualitas.

Berita Terkait

“Layanan pendidikan berkualitas  yang dimaksud, adalah bagaimana memacu dan menciptakan madrasah yang memiliki daya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, diperlukan kerjasama antara Kepala Madrasah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  BPS Sulteng Laksanakan SP Lanjutan

Program yang kedua adalah peningkatan produktivitas dan daya saing. Produktifitas yang dimaksud adalah dalam hal ini Kemenag sekarang telah memulai mengarahkan anak-anak, khususnya tamatan MTs, yang sudah dibekali dengan keterampilan pendidikan vokasi.

“Tidak semua lulusan madrasah dapat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Olehnya dibekali dengan pendidikan keterampilan, sehingga ketika lulus, mereka mempunyai keterampilan,” ujar Muchlis.

Program prioritas ketiga adalah revolusi mental dan pembinaan ideologi pancasila. Revolusi mental yang dimaksud, dalam rangka penguatan budaya bersih dan melayani serta respontif.

Program keempat adalah penguatan moderasi beragama.

“Moderasi beragama yang dimaksud adalah bagaimana kita beragama yang bersikap moderat, baik terhadap internal terhadap keberagamaan agama kita dan tidak bersikap fanatik,” terang Muchlis

Pilihan Redaksi :  Kemenag Tolitoli Laksanakan Pengukuran Kebugaran Jasmani CJH

Program prioritas yang kelima adalah reformasi birokrasi dan tata kelola. Salah satunya adalah menyesuaikan dengan program pemerintah, dengan adanya perampingan jabatan dengan penghapusan jabatan struktural di tingkat eselon III dan IV.   

Selanjutnya, Muchlis menyampaikan, bagi ASN ada tiga hal yang harus dimiliki, yakni kualifikasi, kompetensi dan kinerja.

Muchlis juga mengajak kepada seluruh ASN, baik di madrasah maupun di KUA, untuk terus berusaha belajar dan bekerja lebih baik, yang diawali dengan sikap disiplin dalam bekerja.

“Terkait dengan disiplin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap ASN, di antaranya disiplin kehadiran tepat waktu, disiplin dalam berpakaian, disiplin dalam kualitas pekerjaan dan disiplin dalam hal berkomunikasi,” tegas Muchlis.

Pilihan Redaksi :  Kemenag Tolitoli Laksanakan Pengukuran Kebugaran Jasmani CJH

Kegiatan pembinaan ini turut dihadiri Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Tolitoli Salam P. Daimarinu, Kepala MIN 2 Tolitoli bersama pelaksana, Kepala MTsN 2 Tolitoli, Kaur TU beserta pelaksana. */JEF

Baca Juga