Longki Jabat Waketum APPSI

  • Whatsapp
GUBERNUR Sulteng, Longki Djanggola, bersebelahan dengan Gubernur DKI, Anies Baswedan dan Gubernur Jatim, Soekarwo saat proses pelantikan APPSI di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (2/7/2018). FOTO: HUMAS PEMPROV

JAKARTA, MERCUSUAR – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengukuhan Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (2/7/2018).

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, dikukuhkan sebagai wakil ketua umum asosiasi yang diketuai Gubernur Jawa Timur, Soekarwo tersebut.

Berita Terkait

Pada kesempatan itu, turut hadir mendampingi Gubernur Longki adalah Asisten Pemerintahan Setdaprov, Sulteng Faisal Mang, Kepala Biro Adwildapem Irfan Suaib dan Kepala Biro Humas dan Protokol Mohammad Haris Kariming.

Dalam sambutannya, Mendagri Tjahjo menyampaikan selamat kepada pengurus APPSI yang baru dilantik dan berharap dalam menjalankan tugas dan fungsi APPSI kiranya sinergis dengan seluruh pemerintah provinsi.

Tjahjo mengingatkan kembali pesan Presiden Joko Widodo bahwa para gubernur membangun hubungan tata kelola pemerintahan pusat dan daerah yang harus semakin efektif, efesien, serta mempercepat reformasi birokrasi dalam upaya untuk memperkuat otonomi daerah.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa kerja sama antar provinsi dapat dilakukan dalam banyak hal.  Tjahjo mencontohkan dalam upaya memenuhi ketersediaan kebutuhan daging di Provinsi DKI, dapat saja diambil dari provinsi lainya misalkan Bali atau Nusa Tenggara.

Para gubernur, kata menteri, merupakan tangan kanan pemerintah pusat dan diharapkan tidak ada sekat-sekat partai, sekat organisasi antara Presiden dan para gubernur dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing.

Tjahjo menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya terhadap gubernur yang telah melaksanakan pilkada serentak yang berjalan dengan baik, aman dan lancar.

“Adapun kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan pilkada serentak tentunya akan menjadi perhatian kita semua agar kedepan kiranya dapat diminimalisir,” ujarnya.

APPSI merupakan organisasi yang dapat membantu mewujudkan sinergitas pembangunan disegala aspek antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. BOB

Baca Juga