Nakes Pantau Warga Terjangkiti HIV/AIDS

  • Whatsapp

BANGGAI, MERCUSUAR – Tenaga kesehatan (nakes) terus memantau warga yang terindikasi mengidap penyakit Human Immunodeficiency Virus  (HIV) dan  Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

Camat Mantoh Esli Mandey mengakui, ada beberapa warga positif mengidap penyakit mematikan itu setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis. Hanya persentase peningkatan pengidap penyakit di wilayah itu belum menunjukkan adanya peningkatan sejak beberapa tahun lalu.

Berita Terkait

“Memang benar, ada beberapa warga yang menurut petugas medis positif mengidap HIV. Bahkan ada yang satu keluarga terindikasi mengidap penyakit berbahaya itu, tetapi pihak kesehatan terus memantau pergerakan. Untuk jumlah totalnya saya tidak mengetahui pasti. Dari hasil keterangan pihak kesehatan ada yang positif mengidap, apakah itu kategori HIV atau sudah mengarah ke AIDS pihak kesehatan yang lebih mengetahuinya,” jelas Esli.

Esli menyebutkan, warga yang terjangkit penyakit itu menular ke tubuhnya ketika berada di luar Kabupaten Banggai. “Warga di sini banyak yang merantau dan bekerja di luar daerah. Mungkin saja penyakit tersebut mereka temukan di luar Banggai,” kata Esli.

Di setiap momen bertemu warga, Esli senantiasa mengingatkan warga untuk waspada terhadap sebaran penyakit berhaya itu. Bahkan Esli juga sering mengingatkan kepada warga ketika ada kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan untuk selalu aktif melakukan pemeriksaan, seperti tes darah dan lain lain.

“Saya selalu mengingatkan untuk selalu aktif melakukan tes darah ketik ada kegiatan dari pihak kesehatan. Hanya saja, warga jarang yang memeriksakan darah,” tandasnya. BR

Baca Juga