Rakor FKUB Banggai Laut, Kepala Kemenag Balut: Perkuat Moderasi Beragama

FKUB-17d0878e

BANGGAI, MERCUSUAR – Moderasi beragama merupakan salah satu program prioritas dan masuk dalam salah satu misi Kementerian Agama RI, yang bertujuan untuk penguatan kualitas moderasi beragama dan kerukunan umat beragama. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banggai Laut, Moh. Taslim, saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) periode 2021-2024, belum lama ini.

“Moderasi beragama dimaksudkan adalah bagaimana memperkuat kualitas umat beragama, menuju kerukunan umat beragama yang lebih baik” terang Taslim.

Peran dari FKUB sangatlah dibutuhkan dalam mewadahi tokoh agama, dalam memberikan pembinaan kepada umat beragama, sehingga kerukunan antar umat bergama dapat terjalin dengan baik.

Selain itu, Kakankemenag juga menyampaikan bahwa peran penyuluh agama juga sangat berpengaruh terciptanya toleransi umat beragama.

“Penyuluh agama tidak semata-mata melaksanakan penyuluhan agama dalam arti sempit berupa pengajian atau pemahaman keagamaan, akan tetapi seluruh kegiatan pendidikan berupa bimbingan dan penerangan tentang berbagai persoalan yang terjadi dimasyarakat” jelas Kakankemenag.

Hadir dalam Rakor tersebut Kepala Kejari Banggai Laut, Danramil, Kapolsek, Ketua MUI, Kasi Haji dan Bimas Islam Kemenag Banggai Laut, Penyelenggara Katolik, Camat Banggai, Pemuda Ansor, serta undangan lainnya. */JEF

Pos terkait