BI Sulteng Dukung Petani di Lembah Napu Melalui Koperasi

Bank Indonesia-f74b89a5

PALU, MERCUSUAR – Untuk mendorong produktivitas petani di Lembah Napu tersebut, Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tengah (Sulteng) juga ikut berkontribusi dalam pemnafaatan koperasi yang dibuka secara swadaya oleh sejumlah kelompok petani di Watumaeta tersebut.

Berdasarkan penuturan ketua kelompok Tani Mandiri Jaya, Suyanto menjelaskan, selama ini, harga rendah yang tawarkan pemasok juga disebabkan karena kurangnya modal dari petani, sehingga untuk pupuk, pestisida dan modal bibit harus pinjam dari pemasok.

“Makanya pas panen, kita terima saja berapa harga yabg ditawarkan pemasok,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya koperasi dari swadaya para kelompok tani serta dukungan dari BI Sulteng, mereka berharap, segala kebutuhan seperti pupuk, pestisida dan kebutuhan tanam lainnya bisa diambil du koperasi.

“Soal lahan kita tidak khawatir, hanya memang selama ini pemasok yang menyediakan kebutuhan seperti pupuk, pestisida bahkan bibit untuk keperluan kami penanam, kita harap dengan adanya koperasi dan dukungan dari Bank Indonesia, kebutuhan tanam kita bisa ambil alihkan ke koperasi tersebut,” jelasnya.

Pos terkait