BRI Fasilitasi Jualan Online Pedagang Pasar

PELATIHAN BRI-c07ddbb2

PALU, MERCUSUAR – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membantu keberlangsungan pasar tradisional dengan memfasilitasi para pedagang pasar berjualan secara online.

Dengannya, pasar–pasar tradisional dapat memanfaatkan pengelolaan penjualan online lewat Website Pasar yang difasilitasi BRI. Tak hanya itu, BRI  bersama pengelola pasar juga membantu pengelolaan jasa antar-jemput barang kepada pembeli.

Hal ini diungkapkan Bahar, Asisten Maneger Pemasaran BRI  Cabang Palu dalam pelatihan Digital Enterperenurship Academi (DEA) di Hotel Swiss Bell Palu,Selasa (2/11/2021).

“Di Palu  dan Donggala sudah sekitar 5 pasar tradisional yang dilibatkan pedagangnya,hal ini bagian dalam layanan digital.dan mendapatkan respon baik,dimana pedagang  menggunakan e-pasar proses penjualan dan pembayaranya melalui Strowberi kasir,aplikasi pembayaran yang dikeluarkan BRI, “ujarnya.

Nantinya, pasar–pasar tradisional dapat memanfaatkan pengelolaan penjualan online lewat Website Pasar yang difasilitasi BRI.

Tak hanya itu, BRI  bersama pengelola pasar juga membantu pengelolaan jasa antar-jemput barang kepada pembeli.

Mekanisme pemasaran pasar tradisional dari penjualan konvensional ke online lewat Website Pasar cukup mudah, yakni pengelola pasar harus bekerja sama dengan BRI. Selanjutnya, BRI Unit terdekat akan mengedukasi para pedagang pasar untuk mengimplementasikan pemasaran via Web Pasar, mekanisme pembayarannya, serta pengiriman barang ke pembeli.

“Dalam mempersiapkan metode ini, BRI mengumpulkan data pedagang pasar, pendampingan input data dalam web, serta turut aktif mengkomunikasikan ke masyarakat,” ungkap Bahar.

Ia menambahkan bahwa BRI membuka luas terkait peluang kerja sama dengan para pengelola pasar. “Mengingat pandemi Covid-19 masih belum terprediksi kapan selesainya, terobosan ini bisa menjadi solusi dalam menghindari kerumunan di pasar,” imbuhnya.

Tidak berhenti sampai di situ, perseroan juga telah mengenalkan Solusi Transaksi Elektronik BRI (Stroberi) ke pasar–pasar di berbagai daerah di Indonesia. Aplikasi ini merupakan layanan transaksi elektronik terpadu yang dikhususkan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM secara berkesinambungan melalui transaksi digital.

Diharapkan dengan tersedianya Website Pasar dan platform Stroberi, BRI dapat memberikan kemudahan layanan dalam jual-beli, pencatatan transaksi dan inventory management, pengelolaan tagihan, pembayaran tagihan melalui berbagai channel yang disediakan, dan kemudahan monitoring informasi pembayaran tagihan. Dalam jangka panjang hal ini akan mendorong terbentuknya cashless society karena transaksi sudah dilakukan tanpa uang tunai. Selain itu, juga turut mendorong inklusi keuangan bagi pelaku UMKM yang ada di pasar-pasar tradisional.ABS

Pos terkait