JAKARTA, MERCUSUAR – Perusahaan-perusahaan di tanah air terus berinovasi dalammenjalankan berbagai program untuk menjalankan tanggung jawabsosial perusahaan. Tidak terkecuali BRI yang berhasil membuktikandiri tak hanya handal dalam urusan perbankan, namun juga menjadiyang terbaik dalam hal menjalankan program CSR–nya dengan BRI Peduli.
BRI dinobatkan sebagai The Best CSR of The Year dan DirekturUtama BRI, Sunarso mendapatkan penghargaan sebagai CEO CSR of The Year pada acara malam Penganugerahan Nusantara CSR Awards 2021 (15/09). Penghargaan bergensi tersebut diberikan oleh The La Tofi School of CSR.
Tidak hanya 2 peghargaan tersebut, BRI juga meraih penghargaanpada sembilan kategori yaitu Peningkatan Mutu Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi Komunitas, Peningkatan Mutu Kesehatan, Pengembangan Desa Wisata, Pelibatan Komunitas dalam MenanganiSampah, Pemberdayaan Penyandang Disabilitas, Integrasi Program untuk Dampak Luas, Pemimpin Penginspirasi Praktik CSR, sertaBantuan Kesehatan dan Ekonomi (charity) untuk penanganan DaruratCovid-19.
Terkait prestasi tersebut Sunarso mengatakan alokasi dana untukprogram-program Corporate Social Responsibility (CSR) menjadisalah satu hal yang wajib dilakukan seluruh perusahaan, demi menjaga keberlanjutan kinerja pelaku bisnis. Tujuannya, tentu untukpembangunan berkelanjutan (sustainable development).
Menurutnya, BRI selalu ingin menciptakan nilai kepada seluruhpemangku kepentingan. Adapun bagi masyarakat, nilai yang ingindiberikan BRI adalah komitmen membawa CSR BRI Peduli melaluiprogram 3P (Pro Planet, Pro Profit dan Pro People). “Ini sesuaidengan komitmen kami bahwa kehadiran BRI dapat memberikanvalue dan men-deliver value untuk masyarakat secara luas,” ujarnya.
Penghargaan CSR kali ini, The La Tofi School of CSR menilai BRI mengembangkan CSR sesuai bisnis inti yang disesuaikan dengankebutuhan masyarakat saat menghadapi pandemi Covid-19. Lembagayang sudah 12 tahun menyelenggarakan Nusantara CSR Awards itumenilai CSR kali ini didedikasikan dalam penanganan pandemiCovid-19. Diantaranya adalah yang berkaitan langsung denganbantuan kesehatan dan bantuan ekonomi untuk penanganan daruratCovid-19.
Dalam penilaiannya, The La Tofi School of CSR melibatkan AsdepTJSL Kementerian BUMN Agus Suharyono, Guru Besar IlmuKomunikasi UI Prof. Ibnu Hamad, Direktur Hijauku.com HizbullahArief dan tim penilai dari La Tofi sendiri.
“Kami menyambut baik penghargaan ini. Ini membuktikan BRI memiliki tanggungjawab secara sosial yang tinggi. Penghargaan inisemakin memperkuat tekad dan komitmen kami untuk selalumemberikan value kepada seluruh stakeholder khususnyamasyarakat. Oleh karena itu, kami akan selalu hadir memberikanyang terbaik di tengah-tengah masyarakat Indonesia,” jelas Sunarso.
Dia menegaskan, BRI terus berkomitmen dan berperan aktif dalammenjalankan tanggungjawab sosial bagi lingkungan dan masyarakat. Implementasi dari People, Planet dan Profit dituangkan dalam tujuhsektor bantuan yang meliputi bantuan untuk korban bencana alam dannon-bencana alam; bantuan Pendidikan; bantuan pengembanganprasarana dan/saranan umum, bantuan sarana ibadah, bantuanpelestarian alam dan bantuan sosial kemasyarakatan.
Khusus untuk penanganan Covid, BRI telah menyalurkan beragambantuan bagi penanganan Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia. Bantuan disalurkan kepada masyarakat terutama untuk membantupenyediaan fasilitas kesehatan dan pelayanan di Rumah Sakit (RS).
Selain meyalurkan bantuan alat kesehatan, BRI juga berperan aktifmenyalurkan bantuan-bantuan bagi masyarakat yang terdampaksecara ekonomi akibat pandemi covid-19. Bantuan-bantuan diberikanantara lain, penyaluran sembako gratis bagi masyarakat umum danpenyaluran sembako untuk Panti Asuhan.
BRI juga berkolaborasi Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan bantuan akomodasi penginapan dantransportasi untuk petugas kesehatan penanganan covid-19 sebagaibentuk bentuk apresiasi kepada petugas kesehatan dari berbagai liniseperti Puskesmas, Rumah Sakit yang ada di Jakarta yang telahmembantu penanganan Covid-19.RES/*