LABUAN BAJO, MERCUSUAR – Komitmen BRI untuk menjadi Champion of Financial Inclusion terus ditunjukkan melalui layanan keuangan di daerah-daerah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal). Beberapa layanan keuangan yang menjadi andalan BRI untuk meningkatkan inklusi keuangan dan menjangkau masyarakat adalah Agen BRILink dan Teras BRI Kapal. Keseriusan BRI dalam memberikan layanan keuangan kepada masyarakat di wilayah 3T ini mendapatkan perhatian oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir yang turut datang langsung memantau dan mengunjungi jejaring PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (13/10). Dalam hal ini Teras BRI Kapal danAgen BRILink di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Adapun Teras Kapal BRI yang dikunjungi adalah Bahtera Seva IIyang beroperasi di Kepulauan NTT. Sedangkan Agen BRILink yang didatanginya adalah toko kebutuhan pokok Alam Jaya milik Ahmad Makadau dan toko kebutuhan rumah tangga Kios Alias.
Saat ditemui di Labuan Bajo, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan apresiasi kepada Kementerian BUMN RI atas kunjungan dan perhatian tersebut dan mengatakan bahwa AgenBRILink dan Teras BRI Kapal telah menjadi ujung tombakpertumbuhan dan pemerataan ekonomi di wilayah Indonesia.
Dengan kunjungan tersebut Catur berharap petugas di Teras KapalBRI maupun Agen BRILink akan memiliki motivasi lebih dalammemajukan perekonomian di daerah. Hal ini mengingat potensiekonomi Agen BRILink di Pulau Komodo yang cukup besar.Hingga akhir September 2021 tercatat BRI telah memiliki lebih dari474 ribu AgenBRILink, dengan transaksi mencapai 656 jutatransaksi (tumbuh 28,2% yoy) dan volume transaksi mencapai Rp824 Trilyun (tumbuh 38,7% yoy).
Besarnya potensi tersebut, setidaknya dibuktikan oleh AgenBRILink Ahmad Makadau yang telah menjadi Laku Pandai BRI sejak 2013. Agen BRILink yang terletak di Desa Komodo itumemiliki rata-rata transaksi hingga 133 kali per hari.
Agen BRILink Alias pun tak kalah ramai usahanya. Terletak di Pulau Komodo, Dusun I Kecamatan Komodo, KabupatenManggarai Barat, NTT, Alias bisa melayani dengan rata-rata 215 transaksi per hari.
Dengan kemajuan usahanya tersebut, kedua Agen BRILink tersebut bahkan telah menjadi nasabah KUPEDES BRI yang didorong untukpengembangan usaha. Keduanya bisa mengakses pinjaman senilaiRp150 juta hingga Rp200 juta.
Adapun untuk Teras BRI Kapal Bahtera Seva II Labuan BajoProvinsi NTT, merupakan salah satu dari empat fasilitas Teras BRI Kapal untuk melayani masyarakat kepulauan di Tanah Air. KetigaTeras Kapal BRI lainnya beroperasi di Kepulauan AnambasProvinsi Kepri, Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta danHalmahera Selatan Kepulauan Maluku Utara.
Kehadiran Teras Kapal BRI tersebut diharapkan dapat memudahkanmasyarakat di kawasan kepualaun dalam mengakses layananperbankan. Masyarakat pun dapat menikmati layanan jasaperbankan dari BRI melalui produk pinjaman (Kupedes, KUR), simpanan, dan jasa perbankan lainnya.l
Teras Kapal BRI juga memudahkan masyarakat di kawasankepulauan melakukan transfer ke keluarga atau kerabat di daerahlain. Serta membantu kelancaran program-program pemerintahdalam penyaluran bantuan sosial (bansos), bantuan bencana alam, dan bantuan lainnya di wilayah operasi kapal.
Layanan Teras BRI Kapal pun dilengkapi dengan banking hall, ruang ATM yang tak kalah nyaman dengan kantor cabang BRI lainnya. Bahtera Seva II Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Hingga September 2021, Bahtera Seva II, salah satu dari 4 TerasKapal BRI di Indonesia, telah melayani nasabah pinjaman kepada812 nasabah. Sementara untuk simpanan pada periode yang samatelah mencapai 3.164 rekening di wilayah kepulauanoperasionalnya.
Bahtera Seva II Labuan Bajo beroperasi melayani masyarakat di pulau Labuan Bajo, Longos, Boleng, Seraya Besar, Seraya Kecil, Messah, Kukusan, Rinca, Komodo dan Papagaran. Di sepuluh pulautersebut terdapat sekitar 71.570 penduduk. Adapun luas wilayahkerja Bahtera Seva Labuan Bajo mencapai 1.300,09 km persegi.RES