79 Desa Resmi Dijabat Pelaksana Tugas  

DONGGALA-156a439c
FOTO: Bupati Donggala, Kasman Lassa, saat menyerahkan SK pengangkatan penjabat kades, kepada sejumlah camat di rujab Donggala, Senin (10/1/2022). FOTO: IST

DONGGALA, MERCUSUAR – Bupati Donggala, Kasman Lassa menyerahkan 79 surat keputusan (SK) pengangkatan penjabat kepala desa (kades) tingkat Kabupaten Donggala 2022 di rujab Bupati Donggala, Senin (10/01/2021).

Bupati dalam sambutannya menjelaskan, penunjukkan dan penyerahan SK penjabat kades ini, mengacu pada Permendagri No.66/2017, tentang Perubahan atas Permendagri No.82/2015, tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kades.

Dalam Permendagri tersebut dijelaskan tentang kekosongan jabatan kades yang harus diisi dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam wilayah kerjanya, yang ditunjuk oleh bupati untuk menjadi penjabat kades atau pelaksana tugas sementara (Plt).

Penunjukan Plt kades ini, dimaksudkan agar penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelayanan kepada masyarakat dapat tetap berjalan sebagai mana mestinya.

“Karena penjabat kades memiliki tugas, fungsi dan kewenangan yang sama dengan kades definitif dalam melaksanakan tugasnya, sehingga dengan demikian maka penjabat kades dituntut untuk mampu menumbuh kembangkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan,” ujarnya.

Olehnya, bupati berharap agar seluruh penjabat kades yang telah ditunjuk, dapat mengawal pelaksanaan pilkades yang akan dilaksanakan di desanya masing-masing dan mewujudkan suasana yang harmonis.

Pos terkait