BPKP Soroti Kinerja Pemkab Donggala

  • Whatsapp
BPKP_Logo

DONGGALA, MERCUSUAR – Capaian Kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala dinilai oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) masih belum optimal, karena tidak sesuai harapan dari sejumlah indikator penilaian yang berlaku selama ini.

Salah satu dasar penilaian yang membuat terjadinya penurunan kualitas kerja Pemkab Donggala dibawah kepemimpinan Bupati Kasman Lassa, antara lain opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) turun menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Demikian pula pada level maturitas (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) masih berada pada level 1 dan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)-nya masih berada pada level 2 yang seharusnya bisa mencapai level 3 penuh, disamping itu kompetensi APIP masih belum memadai, ditambah lagi evaluasi Sisten Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) mendapatkan nilai B.

Penurunan kinerja ini juga dilihat dari kompilasi data Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) belum 100 persen dan tingkat kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Uwe Lino Donggala dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) juga masih belum sesuai harapan untuk berkontribusi bagi masyarakat.

Seluruh penilaian penurunan capaian kinerja pemkab Donggala ini terungkap dalam kegiatan rapat koordinasi (rakor) pengawasan bupati dan jajaran pimpinan Kabupaten Donggala dengan perwakilan BPKP Provinsi Sulteng , di aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Kamis (6/9/2018).

Rakor ini dihadiri Bupati Donggala, Kasman Lassa beserta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (PD) dengan pihak BPKP yaitu,  Sofyan Antonius sebagai kepala perwakilan dan Heri Dwi Cahyono selaku koordinator pengawasan bidang P3A.

Dengan hasil penurunan capaian kinerja yang belum maksimal itu, kepala perwakilan BPKP meminta komitmen bupati beserta jajarannya untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan dan kinerja menjadi lebih baik.

Untuk mencapai peningkatan kinerja, perwakilan BPKP sebagai mitra kepala daerah, mengyatakan siap membantu Pemkab Donggala dengan cara berkoordinasi aktif terkait poin-poin yang harus ditingkatkan. HID

Baca Juga