Menuju Desa Hijau, Labuan Lelea Laksanakan Aksi Hijau

  • Whatsapp
received_5094105317282753-5055fa64

DONGGALA, MERCUSUAR – Pemerintah Desa Labuan Lelea, Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala bersama PT Juyomi Sinar Labuan, dengan dukungan Karang Taruna Desa Labuan Lelea, PT Lelea Sejahtera Mandiri dan mahasiswa KKN angkatan 96 Universitas Tadulako (Untad), melaksanakan Aksi Hijau, Sabtu (2/10/2021). Aksi Hijau ini berupa penanaman pohon, yang dilakukan di sempadan Sungai Roto, Dusun Tarabu, Desa Labuan Lelea. 

Berita Terkait

Penanaman pohon ini mengangkat tema Menuju Desa Hijau, Kawasan Tambang Labuan Lelea. Kepala Desa Labuan Lelea, Arifin, dalam sambutannya mengatakan, penanaman ini merupakan salah satu agenda yang telah direncanakan oleh PT Juyomi, sebagai upaya untuk menghijaukan kawasan sempadan sungai yang ada di Desa Labuan Lelea. Dirinya berharap, aksi ini dapat diikuti oleh perusahaan lainnya di Desa Labuan Lelea. 

Pilihan Redaksi :  Pemkab Donggala Gunakan Absen Elektoronik SIAP 

“Kami berharap kawasan sempadan sungai ini nantinya dapat dijadikan kawasan agrowisata, dalam rangka menuju Desa Hijau,” ujarnya. 

Pemerintah Kecamatan Labuan diwakili Sekretaris Kecamatan Labuan, Ratman, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan aksi hijau di kawasan eks pertambangan di kawasan sempadan sungai seperti ini, adalah sebuah aksi positif, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat ke depan. Penanaman yang dilakukan ini kata dia, dapat berkelanjutan dan dipelihara dengan baik, sehingga tumbuhan yang ditanam dapat memberikan hasil, sesuai yang diharapkan. 

“Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam Aksi Hijau ini. Penanaman ini penting sebagai upaya untuk melindungi kawasan sempadan sungai dari ancaman banjir,” ujarnya. 

Pilihan Redaksi :  Sigi Jurnalis Shooting Club Siap Laksanakan Raker 

Sementara itu, perwakilan PT Juyomi Sinar Labuan menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari pelaksanaan reklamasi pascatambang, sebagai bentuk tanggung jawab kami melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya yang dilaksanakan, setelah sebelumnya dilakukan pada 2018. 

“Kami berharap, penanaman ini nantinya dapat ditindaklanjuti dengan pemeliharaan, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya. 

Pada penanaman kali ini, jenis tanaman yang ditanam adalah Kemiri. JEF

 

 

 

Baca Juga