Pengurus Pramuwisata Donggala Dikukuhkan

  • Whatsapp
DONGGALA-f048df93

DONGGALA, MERCUSUAR – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Donggala periode 2021-2026, resmi dilantik dan dikukuhkan di aula PKK Donggala, pada Jumat (3/12/2021) yang dihadiri Bupati Donggala, Kasman Lassa dan Ketua DPP HPI, Sang Putu Subaya.

Pengurus DPC HPI Kabupaten Donggala terdiri dari Ketua, Awaluddin, Sekretaris Irzan, S.Sos dan Bendahara, Melva Villiastri Rungka, serta sejumlah seksi dan anggota. Pelantikan dan pengukuhan pengurus DPC HPI Donggala dilakukan oleh Ketua DPD HPI Sulteng, Abd. Haris Balango, didampingi Sekretaris DPD HPI Sulteng, Saiful Hulungo.

Acara yang turut dihadiri Plt. Kadis Pariwisata Donggala, Gosal Syah Ramli, dan Kepala BNNK Donggala, AKBP Abire ini, dilakukan pula pemukulan gong secara bergantian oleh enam pejabat yang hadir.   

Pilihan Redaksi :  Pemkab Donggala Gunakan Absen Elektoronik SIAP 

Gosal Syah Ramli sebagai ketua panitia pelaksana, menjelaskan seputar kegiatan pelantikan dan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) terhadap para pengurus HPI Donggala.

Sambutan pertama disampaikan Ketua DPD HPI Sulteng, Abd. Haris Balango yang menjelaskan, seputar potensi pariwisata di Sulteng dan menyampaikan gagasan dalam pengembangan pemasaran pariwisata agar dilakukan secara lebih luas. Ia memberi contoh, perlunya pemasaran destinasi wisata tidak lagi per kabupaten atau provinsi, tapi sudah harus per pulau. Seperti Bali tidak menyebut kabupaten kota nya, Kalimantan yang sudah menyebut Borneo, demikian pula Pulau Sulawesi yang dikenal dengan nama Celebes.    

Sementara sambutan Ketua DPD HPI Sulteng, Sang Putu Subaya lebih menekankan peran pemerintah daerah dalam membantu HPI dalam penyediaan anggaran peningaktan sumber daya manusia para  pramuwisata yang menjadi corong pemerintah kepada pihak luar atau wisatawan khususnya dari manca negara.

Pilihan Redaksi :  Hanyut, Warga Desa Sipeso Belum Ditemukan

Bupati Donggala yang terlihat lebih sehat pasca operasi tumor beberapa bulan lalu, memberikan motivasi kepada para pengurus DPC HPI Donggala untuk bisa membangun semangat dalam memajukan dunia kepariwisataan Kabupaten Donggala.  HID          

Baca Juga