PMI Tetap Semangat dalam Pendanaan Terbatas

Ketua PMI Sulteng, Hidayat Lamakarate memasang pin PMI kepada Pj. Bupati Donggala, Moh. Rifani dan Ketua PMI Donggala, Moh. Yasin. FOTO: WAHID AGUS/MS

DONGGALA, MERCUSUAR – Pj. Bupati Donggala, Moh. Rifani mengatakan bahwa selama ini Palang Merah Indonesia (PMI) telah bersama pemerintah dalam urusan kemanusiaan, terutama dalam hal urusan kebencanaan, pengungsian, lingkungan hidup dan lain sebagaianya. Namun demikian, relasi dengan pemerintah daerah masih menjadi tantang bagi PMI, karena terkadang masih dilihat sebelah mata, khususnya dalam hal pendanaan.

Hal itu disampaikan Rifani, saat mengikuti pelantikan pengurus PMI Donggala masa bakti 2024-2029 di Kantor Bupati Donggala, Jumat (21/6/2024).

“PMI harus tetap bersemangat dan tidak mudah patah arang, walaupun dengan dana minim yang didapat. PMI berprinsip selalu siaga, cepat dan tepat dalam kondisi bencana, dan wajib sampai di lokasi terlebih dahulu dibanding organisasi bencana lainnya,” tegas Rifani.

Sementara Ketua PMI Donggala, Moh. Yasin mengatakan bahwa kesuksesan PMI tidak terlepas dari dukungan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Donggala.

Yasin juga berharap kepada para pengurus PMI yang beru saja dilantik dan dikukuhkan, untuk berada dalam semangat yang sama untuk menjalankan tugas-tugas PMI di Kabupaten Donggala.

“Mudah-mudahan hari ini kita mulai dengan semangat yang baru, dan Insyaallah kita akan bekerja demi kepentingan masyarakat dan kemanusiaan yang ada di Kabupaten Donggala,” ujarnya.  

Ketua PMI Sulteng, Hidayat Lamakarate dalam sambutannya mengharapkan PMI Donggala dapat menjalankan tugas mulia, dan mengaktifkan kembali struktur yang berada dalam kepengurusan PMI, termasuk markas PMI di Kabupaten Donggala.   

Pos terkait