Diskominfo Palu Ikut Rakor Persandian dan Statistik se-Sulteng

Diskominfo Rakor-7a4fb9e6
RAKOR - Pembukaan rakor Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik se- Sulawesi Tengah, yang diikuti seluruh Diskominfo kabupaten/kota, Senin (7/3/2022). FOTO: IST

TANAMODINDI, MERCUSUAR – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palu mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik se- Sulawesi Tengah, yang dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Kawasan Propinsi Sulawesi Tengah Hj. Farida Lamarauna, SE.,M.Si, bertempat di Ampana Kabupaten Tojo Una-Una, Senin (7/3/2022).

Rakor ini berlangsung mulai 7-8 Maret 2022 yang dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kab/Kota se- Propinsi Sulawesi Tengah dengan mengangkat tema “Gerak Cepat Transformasi Digital (Pelayanan Publik) Menuju Sulteng Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”

Dalam sambutannya, Farida menyampaikan bahwa Rakor ini memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka menciptakan sinergitas program dan kegiatan yang terarah dan terukur guna memperkuat peran dan fungsi Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kab/Kota se Propinsi Sulawesi Tengah. Transformasi digital merupakan suatu proses merubah analog/manual ke teknologi yang lebih memudahkan pekerjaan secara digital efektif dan efiesien guna penyelesaian pelayanan publik yang begitu kompleks .

Oleh sebab itu melalui forum ini aparatur Kominfo, Persandian dan Staistik diharapkan mampu menjawab tantangan/persoalan dengan memberikan pemahaman atau pengetahuan melalui pelatihan atau Bimtek serta dapat merumuskan program-program yang tepat sebagai wujud peningkatan kualitas peyanan publik dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan kehidupan masyarakat.

Selain itu, Farida berpesan terkait Percepatan Penerapan Satu Data Indonesia (SDI) sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor. 39 Tahun 2019 menuntut kita untuk melakukan upaya-upaya menyiapkan informasi data yang dapat dengan mudah dan cepat diakses oleh masyarakat.

Diakhir Rakor ini, melalui pembahasan para peserta maka dirumuskan beberapa rekomendasi sebagai upaya meningkatkan kinerja pelayanan Kominfo, Persandian dan Statistik di Propinsi Sulawsei Tengah antara lain, mendorong peningkatan nilai indeks SPBE di tahun 2023, pembagunan infrastuktur Kominfo, peningkatan SDM TIK melalui Diklat/Bimtek, mendorong anggaran Kominfo melalui alokasi DAK atau Tugas Pembantuan, penanganan keamanan informasi melalui pengadaan alat persandian dan cara mengoperasionalkannya, penguatan KIM, pembentukan dan penguatan PPID/PPID-P, dan pendampingan/pembinaan bagi pengelola data statistik sektoral oleh BPS Kab/Kota. Diputuskan pula pelaksanaan Rakor tahun 2023 bertempat di Kabupaten Morowali sebagai tuan rumah. HAI/*

Pos terkait