FTIK Raih Juara Umum Lomba Bulan Bahasa UIN Datokarama Palu

  • Whatsapp
BULAN BAHASA-60ca8f17
FOTO: Para pemenang dalam Lomba Bulan Bahasa yang dilaksanakan oleh UPT Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, berfoto bersama usai penyerahan piala, belum lama ini. FOTO: DOK PANITIA

PALU, MERCUSUAR – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) menjadi juara umum Lomba Bulan Bahasa, yang dilaksanakan oleh UPT Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. FTIK menggondol predikat juara umum, setelah meraih juara 1 Lomba MC 3 Bahasa Putra, juara 1 Lomba Qiraatul Kutub putra, juara 1 Lomba Qiraatul Kutub Putri, serta Juara 2 Lomba Debat Bahasa Indonesia.

Adapun berikutnya, Fakultas Syariah (FASYA) memenangkan juara 1 MC 3 Bahasa Putri, juara 2 Lomba MC 3 Bahasa Putra, juara 2 Lomba Qiraatul Kutub Putra, dan juara 2 Lomba Qiraatul Kutub Putri. Kemudian, Fakultas Ushuluddin Adab, dan Dakwah (FUAD) memenangkan juara 1 Lomba Debat Bahasa Indonesia dan juara 2 Lomba MC 3 bahasa Putri. Adapun Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI), tahun ini tidak mendapatkan juara.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Pelaksana, Mohamad Syafri, S.Pd., M.Pd, belum lama ini. Lanjutnya, hasil lomba untuk cabang umum, yaitu Lomba Videografi dimenangkan oleh Rijalul Fikri dkk, yang merupakan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, FUAD UIN Datokarama Palu. Kemudian Lomba Cipta Cerpen dimenangkan oleh Pelajar SMP Islam An Nadzir, Serang, Banten, yakni Nadya Siti Azka.

Moh. Syafri mengatakan, lomba Bulan Bahasa ini, dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. PIhaknya kata dia, sudah melaksanakan kegiatan ini dari Oktober untuk dua lomba, yaitu Lomba Videografi dan Lomba Cerpen, yang dibuka untuk umum. Sedangkan, lomba untuk fakultas, baru dilaksanakan pada November, dari 27 – 30 November, yang dilaksanakan dan sekaligus pengumuman hasil lomba pada 30 November.

Adapun untuk peserta lomba videografi dan cerpen berlaku umum dan pesertanya ada dari luar Sulawesi, sedangkan peserta Lomba MC 3 bahasa putra dan putri, Debat Bahasa Indonesia, dan Lomba Qiraatul Kutub putra dan putrid, berasal dari delegasi fakultas yang ada di lingkungan UIN Datokarama Palu.

Adapun tujuan pelaksanaan lomba ini, yakni untuk mencari mahasiswa-mahasiswa unggul dalam bidang-bidang lomba tersebut, agar ke depannya dapat mengikuti dan bersaing dalam lomba-lomba serupa, baik skala regional, nasional, bahkan internasional.

β€œIni kali pertama lomba ini dliaksanakan. Insya Allah akan dirutinkan setiap tahun, karena memperebutkan piala bergilir,” ujarnya.

UPT Pengembangan Bahasa yang dinakhodai Prof. Dr. H. Abidin Jafar, M. Ag, memiliki visi menjadi pusat pengembangan bahasa yang unggul dalam pelatihan dan pelayanan tes bahasa, penerjemahan, dan pembudayaan literasi. UPT ini juga memiliki lima misi, yakni memberikan pelatihan kebahasaan untuk meningkatkan kemahiran berbahasa, memberikan layanan tes kebahasaan yang kredibel serta menjalin kerjasama dengan lembaga tes kebahasaan standar secara nasional dan internasional, mengembangkan materi pelatihan dan soal tes kebahasaan, memberikan layanan penerjemahan bahasa, serta mengembangkan writing center dalam rangka pengkajian sastra dan penguatan pembudayaan literasi. JEF

Baca Juga