Hagala: Memaknai Rasa Syukur di Hari Lebaran

Dua orang anak di Kelurahan Baiya, Kecamatan Tawaeli, memperlihatkan amplop berisi "Hagala" yang mereka terima saat "pasiar" Lebaran. FOTO: JEFRI/MS

Oleh: Jefrianto (Wartawan Mercusuar)

Gema takbir masih berkumandang dari Masjid An Nur, Kelurahan Baiya, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu, Rabu (10/4/2024). Ratusan orang berhamburan keluar dari masjid, tumpah ruah ke jalan, saling bersalaman. 

Tidak berselang lama, rumah-rumah warga dipenuhi keluarga dan kerabat yang datang bersilaturahmi. Silaturahmi ini akrab dikenal dengan istilah “pasiar”. 

Anak-anaklah yang paling bersemangat saat “pasiar”. Tuan rumah biasanya telah menyiapkan sejumlah uang, baik pecahan Rp2.000 hingga pecahan Rp100.000 untuk dibagikan kepada anak-anak yang datang “pasiar”. 

Hagala adalah nama dari sejumlah uang yang dibagikan tersebut. Hagala dapat dimaknai sebagai “hadiah Lebaran” yang ditujukan bagi anak-anak, maupun orang dewasa. 

Hagala biasanya dibagikan saat momen hari Lebaran, namun dalam perkembangannya, Hagala kerap dibagikan sebelum momen Lebaran tiba. Bentuknya tidak cuma uang, bisa berupa bahan kebutuhan pokok, pakaian, kebutuhan hari raya seperti kue kering dan minuman, dan hal lainnya. 

Istilah Hagala sendiri diyakini berasal dari bahasa Kaili. Namun dalam Kamus Bahasa Kaili Ledo yang disusun oleh Donna Evans, kata Hagala tidak tercantum. 

Dosen Antropologi Universitas Tadulako (Untad), Muh. Nasrun dalam Jurnal Antropologi Indonesia mengatakan, Hagala identik dengan Saweran atau Bantingan bagi orang Jawa, Panynyoori bagi orang Makassar, Passolo bagi orang Bugis, Terma Silehonlehon bagi orang Batak, dan Angpao bagi orang Tionghoa. 

Penulis menemukan, tradisi Hagala bukan hanya ada di Sulawesi Tengah. Masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB), juga mengenal Hagala. 

Guru SD Negeri 13 Kolo Kota Bima, Purnama Disastra dalam tulisannya tentang Hagala mengatakan, tradisi Hagala itu sudah puluhan tahun lamanya di Bima. Belum ada penelitian, sejak kapan pastinya tradisi Hagala itu dimulai.

Pos terkait