Hari Pertama, 88 Siswa Gagal UNBK SMP

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Pada hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Palu, sebanyak 88 siswa SMPN 9 Palu terpaksa tidak bisa ikuti UNBK karena adanya masalah internet yang tidak bisa konek pada sesi pertama.

Puluhan siswa tersebut terpaksa harus mengulang pada ujian susulan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Sementara untuk sesi dua dan tiga di SMPN 9 Palu internet kembali normal sehingga mereka bisa mengikuti ujian sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Berita Terkait

Terputusnya jaringan internet tersebut membuat khawatir karena berlangsung lama yaitu sejam lebih.

Pilihan Redaksi :  Anak Disabilitas Diajak Bergembira

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, Ansyar Sutiadi mengatakan pada hari pertama UNBK SMP di Kota Palu mengalami sedikit persoalan karena ada sekolah koneksi internetnya terputus.

“Kami juga sudah menyarankan kepada sekolah untuk tidak terlalu khawatir karena masih ada jalan untuk para siswa mengikuti ujian susulan. Sebab untuk sesi selanjutnya internet mereka bisa berjalan dengan baik dan para siswa bisa mengikuti UNBK seperti biasanya,” katanya, Senin (23/4/2018).

Disdikbud Kota Palu sebenarnya tidak pernah berpikir bahwa SMPN 9 Palu akan mendapatkan masalah karena mereka menyiapkan serfer kapasitas besar dari sekolah lainnya di Kota Palu. Apalagi mereka juga sudah melaksanakan berbagai simulasi dan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan laporan mereka.

Pilihan Redaksi :  FISIP Unismuh Palu Luncurkan Sabtu CERIA

Ditambah lagi di sekolah tersebut ada pihak Telkom yang mendampingi untuk menjaga ke stabilan internet.

“Kendala ini memang tidak bisa kita hindari walaupun kita sudah bisa memperkirakan berjalan dengan baik tetapi kenyataannya kendala masih terjadi seperti di SMPN 9 Palu. Makanya kami meminta kepada seluruh sekolah untuk bisa mengontrol kembali komputer dan internet mereka sebelum pelaksanaan UNBK,” terangnya.

Untuk ujian susulan nantinya mereka bisa digabungkan dengan siswa lainnya yang belum sempat melaksanakan UNBK. Karena biasanya ada sejumlah siswa tidak bisa mengikuti UNBK karena sakit dan lainnya. Makanya ujian susulan itu disiapkan bagi para siswa yang terkendala mengikuti UNBK sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Pilihan Redaksi :  Program TP PKK Memerlukan Dukungan Pemda

“Selain SMPN 9 Palu kami tidak mendengar ada sekolah lainnya mengalami kendala. Semoga ini bisa berjalan sesuai dengan rencana. Sehingga kedepannya UNBK bisa berjalan lancar dan siswa bisa mendapatkan nilai baik,” katanya.UTM

Baca Juga