Pemred Mercusuar Ikut Asesmen Penguji UKW

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR  – Pemimpin Redaksi Mercusuar-Trimedia Group, Tasman Banto, dan Kepala Kantor Berita Antara Biro Sulteng, Rolex Malaha baru selesai mengikuti  Asesmen Penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Jakarta. Seleksi para calon penguji UKW sehari penuh itu diikuti 62 wartawan senior dan para pengelola media cetak, elektronik, dan online se-Indonesia dan berlangsung di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (21/4/2018).

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulteng, Mahmud Matangara SH MM mengatakan Asesmen Penguji UKW berlangsung selama sehari dengan materi antara lain tes tertulis, wawancara,  dan tes potensi akademik dari penguji independen di luar PWI.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Dirut Jasa Raharja Sabet Penghargaan Top BUMN Awards 2021

Syarat peserta asesmen adalah telah memiliki sertifikat jenjang Wartawan Utama yang dikeluarkan oleh Dewan Pers.  Selain calon penguji, peserta asesmen sebelumnya juga merupakan penguji yang oleh PWI wajib kembali mengikuti asesmen.

Peserta yang lulus asesmen ini selanjutnya akan menjadi penguji UKW untuk jenjang Wartawan Muda, Wartawan  Madya, dan Wartawan Utama.

Diberitakan, Pemred Mercusuar, Tasman Banto dan Kepala Kantor Berita Antara Biro Sulteng, Rolex Malaha, sebelumnya telah mengantongi UKW Utama seumur hidup yang diterbitkan oleh Dewan Pers tahun 2017.

PWI secara nasional juga terus mendorong  semua wartawan untuk mengikuti UKW di semua jenjang. Khusus anggota PWI, hal ini merupakan kewajiban dalam rangka peningkatan kompetensi wartawan.  PWI Sulteng telah menyelenggarakan empat kali UKW dengan jumlah wartawan yang dinyatakan berkompeten sebanyak 79 orang, plus enam Wartawan Utama seumur hidup.

Pilihan Redaksi :  Pemprov Kirim Mobil Vaksin ke Daerah

UKW  angkatan pertama dilaksanakan  di Palu pada 30-31 Mei 2014  dengan jumlah peserta yang lulus sebanyak 26 orang, terdiri dari 7 wartawan untuk jenjang Wartawan Utama, 14 orang Wartawan Madya dan 5 Wartawan Muda.

UKW angkatan kedua yang dilaksanakan di Palu pada 16-18 Mei 2016 meluluskan 15  peserta, yakni 2 Wartawan Utama,   6 Wartawan Madya dan 7 Wartawan Muda.   UKW angkatan ketiga juga dilaksanakan di Palu pada  22-23 April 2017. Sebanyak 5 wartawan dinyatakan berkompeten Wartawan Utama, 7 Wartawan Madya, dan 7 Wartawan Muda.

Sementara UKW angkatan keempat digelar di gedung PWI Sulteng di Palu pada 29-30 Maret 2018. Terdiri dari 3 Wartawan Utama, 6 Wartawan Madya, dan 10 Wartawan Muda.

Pilihan Redaksi :  Anggota DWP Diminta Dukung Program Pemerintah

Wartawan Mercusuar, Temu Sutrisno, sebelumnya juga telah menjalani magang sebagai penguji  di beberapa kesempatan UKW.DAR

Baca Juga