IAIN Palu Siap Gelar Konferensi Internasional Islam

  • Whatsapp
MENINJAU- Tim Steering Committee dari Kementrian Agama RI, saat meninjau kesiapan IAIN Palu sebagai tuang rumah pelaksanaan AICIS ke-18, Kamis (28/6/2018). FOTO KIRIMAN HUMAS IAIN

LERE, MERCUSUAR- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, siap menyelenggarakan konferensi internasional Islam bertajuk ‘Annual International Conference on Islamic Studies’ (AICIS) ke-18, di daerah tersebut, mulai 17 – 21 September 2018.

Berita Terkait

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu sekaligus panitia penyelenggara, Dr Abidin Djafar, Kamis (28/62018), mengatakan bahwa panitia pusat yakni Kementerian Agama serta pengarah kegiatan telah melihat keseriusan dan kesiapan perguruan tinggi Islam Negeri itu untuk melaksanakan AICIS.

“Iya, panitia pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI dan pengarah kegiatan (Steering Committee) pada hari ini barusan meninjau langsung kesiapan IAIN Palu,” ucap Abidin.

Ia menguraikan peninjauan itu sekaligus sebagai bentuk penguatan koordinasi panitia pusat AICIS dengan IAIN Palu sebagai tuan rumah penyelenggara terkait kesiapan menyelenggarakan AICIS.

Karena itu, sebut dia, tim panitia pusat AICIS meninjau langsung penetapan dan kelayakan hotel tempat menginap rombongan Presiden RI Jokowi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta pejabat Kementerian Agama.

Ia mengaku bahwa IAIN Palu dan Kemenag telah membangun kesepahaman dan koordinasi untuk menghadirkan Presiden Jokowi membuka AICIS 18 di Palu.

Ia mengutarakan, tim Kementerian Agama juga meninjau tempat pelaksanaan pembukaan AICIS di Hotel Mercure Palu yang direncanankan sebagai tempat berlangsungnya seremonial pembukaan AICIS.

“Mereka memastikan tempat pembukaan AICIS mulai dari model panggung, model kursi, meja, dan latar belakang panggung, serta susunan acara AICIS,” ujarnya.

Tim juga, sebut dia, memantau langsung koordinasi IAIN Palu dengan Pemprov Sulteng terkait kesiapan pemerintah Provinsi Sulteng menyambut kedatangan Presiden RI Jokowi.

Selain itu, tim juga memastikan kesiapan IAIN Palu dalam hal infastruktur seperti auditorium dan gedung SBSN tempat berlangsungnya diskusi. “Termasuk kekompakan panitia penyelenggara, itu juga menjadi hal yang di tinjau oleh tim panitia pusat,” sebut Abidin.

AICIS ke-18 akan memberikan dampak terhadap promosi Kota Palu sebagai kota empat dimensi meliputi potensi wisata teluk, gunung, lembah dan sungai. AICIS juga menjadi media promosi potensi wisata dan budaya serta kuliner di Sulteng secara umum. ABS

Pilihan Redaksi :  Untad Bersama Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Pamona Selatan

Baca Juga