Jennifer Sierra Saino, Putri Sulteng yang Raih Gelar Sarjana Kedokteran Termuda di Unhas

  • Whatsapp
7DFBC8E0-1F46-411C-AFB9-DA9FB8188B28-d052f7a6

Jennifer Sierra Saino, gadis berusia 19 tahun asal Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) ini berhasil meraih gelar sarjana kedokteran pada Jumat (24/9/2021) dan menjadi lulusan kedokteran termuda Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Jeje, sapaan akrabnya ini berhasil meraih gelarnya sebagai sarjana kedokteran yang ditempuhnya selama kurang lebih 3,5 tahun di salah satu universitas terbaik di Indonesia tersebut.

Berita Terkait

Jeje mengatakan, lulus dan mendapatkan gelar sarjana kedokteran termuda merupakan kebanggaan untuk dirinya dan juga orangtuanya. Namun, dirinya menjelaskan itu bukan menjadi salah satu prioritas utama dirinya selama menempuh pendidikan kedokteran sejak tahun 2018 lalu.

“Yang pasti bangga, sejak awal memang targetnya lulus tahun ini tapi itu bukan alasan saya untuk jadi tertekan atau menjadikan itu sebuah beban. Jadi saya jalani saja sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Menempuh pendidikan kedokteran merupakan cita-cita Jeje sejak kecil, agar bisa mewujudkan tujuan mulianya yakni membantu masyarakat kurang mampu untuk bisa berobat dengan layak. Walaupun menempuh pendidikan kedokteran di universitas di luar Sulteng, dirinya memutuskan akan mengabdi sebagai dokter di daerah asalnya yakni di Sulteng.

“Walaupun kuliahnya di daerah lain, saya akan tetap pulang ke asal saya (Sulteng, red) untuk mengabdi,” jelasnya.

Anak pertama dari pasangan Farden Saino dan Susy Kurniawan ini memang sudah berprestasi sejak dini, baik di dunia akademik maupun dunia tarik suara yang merupakan hobbynya hingga kini.

“Memang sejak kecil dia selalu mendapat juara, jadi dokter pun itu merupakan cita-citanya sejak dulu. Bahkan dulu saya suka tanya, kalau jadi dokter nanti ada pasien yang kurang mampu bagaimana ? Jawabannya yah dia akan bantu, tidak harus bayar kalau tidak punya uang katanya,” kenang sang ibu, Susy.

Ayahnya, Farden juga mengatakan, selain bisa meraih sarjana kedokteran termuda Unhas saat ini, saat duduk di bangku SMP, Jeje juga masuk dalam siswa akselerasi di SMPN 1 Palu, dan melanjutkan pendidikan di SMA Madani Palu.

“Selain di akademik, dia juga menjadi perwakilan Sulteng dalam bidang tarik suara saat sekolah,” jelasnya.

Pencapaian Jeje saat ini merupakan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi orangtuanya, dimana baik sang ibu maupun sang ayah tidak pernah memaksakan kemauan putri satu-satunya tersebut untuk meraih prestasi seperti sekarang. Kedua orangtua Jeje berharap, selain bisa membanggakan orangtua dan keluarga, Jeje bisa membanggakan dan membahagiakan orang banyak di kemudian hari dengan jalan yang selama ini menjadi pilihannya.

“Sejak kecil saya selalu tanamkan ke semua anak-anak saya untuk bisa bermafaat dan berguna bagi orang banyak,” tutur Sang ibu.RES

Pilihan Redaksi :  Bunda PAUD Kelurahan Dikukuhkan

Baca Juga