Kakanwil Kemenag: Perkuat Moderasi Beragama

  • Whatsapp
HLL-c77bc9e2

PALU, MERCUSUAR – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, H. Ulyas Taha mengajak kepada seluruh jajaran pejabat serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Kemenag Sulteng, untuk bersama-sama memperkuat moderasi beragama sebagai salah satu program prioritas Kemenag RI.

Hal itu disampaikannya, pada seremoni penyambutan Kakanwil Kemenag Sulteng, di Palu, Selasa (12/10/2021).

“Ini prioritas program Kementerian Agama yang menjadi pegangan kita semua, yang harus dilakukan mulai tahun ini sampai tahun berikutnya,” kata Ulyas.

Menurutnya, penguatan moderasi beragama sangat penting diprogramkan, untuk mencegah semakin maraknya kelompok ektremis dan radikal yang mengatasnamakan agama muncul di tengah-tengah masyarakat.

Oleh karena itu, lanjut dia, menjadi tugas bagi Kementerian Agama untuk melakukan penguatan pemahaman moderasi beragama di tengah-tengah umat beragama, tidak hanya berfokus pada salah satu agama saja.

Pilihan Redaksi :  Naikan Imum, Pemkot Galakan Jumat Sehat

“Olehnya program moderasi beragama ini paling banyak dilakukan oleh Kementerian Agama bahkan lintas Direktorat Jenderal,” ujarnya.

Ulyas Taha terpilih menjadi Kakanwil Kemenag Sulteng, setelah mengikuti open biding (seleksi terbuka) pejabat tinggi pratama oleh Kemenag RI. Ia sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais) Kanwil Kemenag Sulawesi Utara.

Sebelumnya, jabatan Kakanwil Kemenag Sulteng selama sekira 6 bulan dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt.) setelah pejabat definitif sebelumnya, yakni Dr. H. Rusman Langke beralih ke tugas fungsional.

Plt. Kakanwil Kemenag Sulteng sebelumnya dijabat Dr. H. Gasim Yamani selama kurang lebih 5 bulan, lalu dilanjutkan H. Muchlis selama sekira sebulan.

Sementara itu dalam penyambutannya, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulteng, H. Ma’sum Rumi, mengajak seluruh pejabat dan ASN di Kemenag Sulteng untuk bersama mendukung jalannya program-program Kanwil Kemenag Sulteng di bawah pimpinan yang baru.

Pilihan Redaksi :  Pemkot Susun Kebutuhan Sekolah

“Alhamdulillah, ASN di Kemenag Sulteng penuh dengan keakraban. Mudah-mudahan suasana ini dapat semakin ditingkatkan dengan masuknya Kakanwil. Selamat bergabung di keluarga besar Kanwil Kemenag Sulteng,” pungkas Ma’sum. IEA

Baca Juga