Kemenag Kota Palu- Percepat Survei Harga Beras untuk Zakat Fitrah

  • Whatsapp
HLL

PALU, MERCUSUAR – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, Nasruddin L. Midu mengungkapkan, pihaknya mempercepat pelaksanaan survei harga beras di pasaran, jelang bulan Ramadan 1442 H/2021 M. Ia menjelaskan, survei tersebut dilakukan segera, agar pihaknya dapat mempercepat penetapan besaran Zakat Fitrah, yang menyesuaikan dengan harga beras di pasaran.

“Kita akan mempercepat survei pasar, untuk menilai berapa harga beras untuk Zakat Fitrah. Jadi, kita tidak lagi nanti pertengahan bulan Ramadan, baru mau buat penetapan zakat fitrah,” ujar Nasruddin, baru-baru ini.

Terkait hal tersebut, Nasruddin mengaku telah menginstruksikan kepada Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais) Kemenag Kota Palu bersama jajarannya, untuk turun ke pasar-pasar di Kota Palu, sejak sebelum bulan Ramadan, hingga awal bulan Ramadan.

“Dari sebelum sampai di 1-2 Ramadan, kami turun melakukan survei harga di pasar-pasar yang ada di Kota Palu, setelah itu kami menetapkan,” imbuhnya.

Hal itu kata dia, dilakukan agar umat Islam di Kota Palu dapat mempercepat pembayaran zakatnya, dan bisa disalurkan kepada para Mustahiq (orang-orang yang menerima zakat). Selain itu, juga menjadi salah satu upaya menghindari adanya penumpukan penyaluran zakat, untuk menghindari potensi penyebaran COVID-19.

“Jadi ini merupakan salah satu program yang kita sepakati terkait persiapan menyambut bulan Ramadan,” pungkasnya. IEA

Baca Juga