KSB Terbentuk di Watusampu

  • Whatsapp
KSB DIBENTUK DI WATUSAMPU

WATUSAMPU, MERCUSUAR – Dinas Sosial Kota Palu membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Watusampu, Kecamatan Ulujadi, Selasa (28/8/2018). Dibentuknya KSB, karena di kelurahan ini rawan terjadi banjir.

Kepala Dinas Sosial, Abidin mengatakan, KSB dibentuk sebagai upaya pendekatan penanggulan bencana. Dengan menanamkan pola pikir dan pola tindak masyarakat dalam penanggulan bencana. Selain itu sebagai  upaya mempersiapkan masyarakat, agar lebih mampu mengelola kerentanan, ancaman dan resiko bencana di wilayahnya sesuai potensi lokal melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penyelenggaraan dan pengendalian.

“Masyarakat harus siap siaga jika bencana datang. Memahami resiko yang ada,” kata Abidin.

Sementara itu Lurah Watusampu, Purnama menambahkan, organisasi pelaksana yang terlibat sebagai personil KSB harus mampu melakukan kolaborasi, koordinasi dan kerjasama yang baik dengan berbagai stakeholder di lingkungan setempat. Baik unsur pemerintahan, swasta, LSM, relawan dan masyarakat pada umumnya.

Pilihan Redaksi :  Penghuni Huntap Tondo Terima Bantuan Sembako

Melalui kegiatan KSB ini diharapkan dapat terkondisi masyarakat yang berdaya dan lebih siap sebagai subjek maupun objek pembangunan. Karena masyarakat akan ditempatkan sebagai pihak pertama dan utama dalam penanggulan bencana sebelum datangnya batuan lain. IKI

Baca Juga