Morut Siapkan APBDP Bangun Jalan Tani

  • Whatsapp
PONEA

MORIATAS, MERCUSUAR – Bupati Morowali Utara (Morut) Aptripel Tomimomor, menegaskan pemerintah daerah setempat siap membangun Jalan Usaha Tani demi meningkatkan akses pertanian dan hasil pertanian di Desa Peonea, Kecamatan Mori Atas.

Bupati mengatakan dari 21 proyek strategis pertanian yang bakal dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun 2018 pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Morowali Utara, salah satunya akan dialokasikan pada jalan usaha tani di Desa Peonea, khususnya dalam membantu para petani budidaya tanaman kedelai di Desa tersebut.

Aptripel saat melakukan penanaman perdana kedelai di Desa Peonea, Selasa (14/8/2018) mengatakan dengan adanya pembangunan jalan usaha tani diharapkan nantinya bisa memberikan konstribusi untuk peningkatan hasil produksi pertanian, dengan begitu kedepan desa peonea bisa menjadi salah satu sentra pangan daerah khususnya tanaman kedelainya.

Pilihan Redaksi :  Terima Kunjungan M1G, Farid Podungge: Mari Kita Jaga Silaturahmi Sesama Anak Bangsa

“Tolong pak kadis dan pak kabid, kita punya program 21 pembangunan jalan tani, nanti salah satunya agar bisa dibangun di desa (Peonea) ini,” ujarnya.

Ia mengakui kebutuhan jalan tani bagi Peonea sangat prioritas mengingat lahan pertanian warga setempat berada jauh dari pemukiman warga serta berada di lembah yang lebih rendah dari rumah warga, kemudian berada diseberang sungai. “Kami serius menyiapkan jalan tani ini, semoga bermanfaat memudahkan masyarakat dalam mengakses lahan pertanian,” ujarnya.

Dengan adanya jalan tani tentunya akan meningkatkan penerimaan masyarakat dari hasil produksi pertanian, utamanya akan memangkas biaya transportasi yang berimbas pada meningkatnya nilai jual hasil pertanian. “Dan masyarakat tak perlu lagi memikul hasil produksinya,” sebutnya.

Pilihan Redaksi :  Dirut Jasa Raharja Sabet Penghargaan Top BUMN Awards 2021

Terkait dengan penanaman perdana kedelai, Bupati mengingatkan kepada masyarakat Peonea agar memanfaatkan bantuan sosial (Bansos) berupa dana tunai yang disalurkan pemerintah melalui kelompok agar digunakan sesuai peruntukannya serta seefisien mungkin dalam rangkah membantu proses produksi, sehingga dapat menghasilkan kedelai yang berkualitas dan bermutu tinggi. VAN

Baca Juga