Pancasila Sumbangsih Negara pada Dunia

  • Whatsapp
Gubernur Sulteng, Longki Djanggola menjadi Irup pada peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Gubernur, Senin (4/6/2018). FOTO: MAHBUB/MS

PALU, MERCUSUAR – Pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah teruji dan terus berkembang dalam dinamika berbagai ideologi lain. Selama 73 tahun Indonesia berdiri, selalu berpegang teguh kepada Pancasila. Dan Pancasila akan terus jadi pedoman hingga hari kiamat di Negara ini.

Hal ini disampaikan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, membacakan sambutan tertulis Presiden RI, Jokowi ketika menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Kantor Gubernur, Senin (4/6/2018).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Ratusan Penyandang Disabilitas Meriahkan Jalan Santai

 Menurutnya, selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia, selama 73 tahun Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi lain yang berusaha menggesernya.

 “Selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman,” katanya.

 Gubernur yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng ini mengingatkan, agar momentum peringatan hari lahir Pancasila dijadikan semangat bersatu, berbagi, dan berprestasi bagi semua anak bangsa. Semangat bersatu dengan menyadari Bhineka Tunggal Ika adalah cara pandang yang mengena bagi semua. Kemudian semangat berbagi untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama menjadi sebuah kewajiban.

 Yang tak kalah penting katanya, adalah semangat berprestasi harus membara di semua lapisan masyarakat. Semangat itu untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju, yakni negera ‘Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur’.

 Momentum ini juga harus dijadikan pemacu dan aktualisasi nilai – nilai Pancasila, dan terus mengamalkan warisan mulia para pendiri bangsa demi kemajuan bersama. Selain itu sebagai sumbangsih Indonesia kepada dunia Internasional. BOB

Baca Juga