Pemkot Buka Pendaftaran Pasar Ramadan

  • Whatsapp

TANAMODINDI, MERCUSUAR-Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palu membuka pendaftaran pasar Ramadan 1438 H tahun 2018, sejak 18 April sampai dengan 8 Mei 2018 mendatang.

Untuk tahun ini lokasi pasar Ramadan ditempatkan di Jalan Baruga lapangan tenis samping Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palu, karena lokasi tidak seluas tahun lalu maka peserta dibatasi jumlahnya dengan terbagi empat kategori stand jualan.

Berita Terkait

Hal ini disampaikan Kasi Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kualitas Keluarga, Dwi Kartiningsih, Rabu (2/4/2018). Dia mengatakan, bagi pelaku usaha yang sudah mendaftar dan melunasi sewanya maka berhak mengambil nomor undian yang akan diundi pada Senin 14 Mei 2018 di ruang Kasiromu Setda Palu.

Pilihan Redaksi :  Rapat Paripurna DPRD Kota Palu, Sejumlah Farksi Dukung Raperda Pemberantasan Narkoba

Meskipun sudah mendaftar namun apabila pelunasan pembayaran lapak melewati batas yang ditentukan, maka konsekuensi penentuan nomor lapak menyusuaikan nomor berikutnya setelah tahapan pencabutan nomor lapak.

Dwi mengatakan, masing-masing pelaku usaha ekonomi, pedagang/penjual di lokasi Pasar Ramadan menyiapkan meja untuk berjualan dan tenda disiapkan panitia dengan ukuran 1 X 1,5 meter dengan biaya Rp 350 ribu, dan ukuran meja tidak boleh melewati ketentuan yang ada.

“Apabila meja melebihi dari ukuran yang telah ditentukan maka panitia langsung mengeluarkan meja tersebut tanpa pemberitahuan sebelumnya,” jelasnya.

Selain itu panitia juga menyiapkan stand dengan ukuran 3 X 3 meter yang terbagi dua yakni untuk pedagang yang memiliki Brand/merek dengan membayar Rp1,5 juta dan tenda UKM dengan ukuran sama hanya membayar Rp500 ribu, sedangkan PKL hanya membayar Rp.100 ribu dengan catatan tanpa tenda sehingga menyiapkan sendiri.

Pilihan Redaksi :  Terima Kunjungan M1G, Farid Podungge: Mari Kita Jaga Silaturahmi Sesama Anak Bangsa

Untuk peserta pendaftaran lapak, panitia menyiapkan sebanyak 180 sedangkan stand UKM dan tenda brand sebanyak 17an, namun jika peminat stand UKM/brand sedikit maka tidak menutup kemungkinan lokasi tersebut akan diisi tenda lapak.

“Sampai hari ini pendaftaran masih kita buka, karena panitia mencatat yang mendaftar dan telah melunasi pembayaran tenda lapak baru sebanyak 40 dari jumlah pendaftaran 140 orang, hal ini memang wajar sebab baru akan ramai saat jelang pembukaan atau saat pembukaan pasar Ramadan,” ungkapnya.

Untuk mencegah pedagang yang tidak terdaftar namun menjual di pasar Ramadan, maka panitia menyiapkan kartu identitas bagi penjual sehingga mudah dipantau.ABS

Baca Juga