Pemkot Diminta Percepatan Pemulihan Pasar Manonda

  • Whatsapp
Pasar-6fc4e8e0
Foto : Mutmainah Korona

LOLU UTARA, MERCUSUAR – Ketua Komisi A DPRD Kota Palu, Mutmainah Korona meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Palu untuk mempercepat pemulihan Pasar Inpres Manonda pascakebakaran,beberapa waktu lalu.

Neng, sapaan akrabnya ini menjelaskan, langkah awal yang harus segera dilakukan adalah pembersihan lokasi pasca kebakaran, dengan tujuan lokasi tersebut dapat kembali digunakan para pedagang.

“Perlu ada bantuan dari pemerintah seperti membuat lapak pedagang dengan bahan baja ringan,”ujarnya.

Penyediaan air bersih, diakuinya perlu segera diadakan di lokasi, guna memenuhi kebutuhan air pedagang yang masih berjualan.

“Kami harap pemerintah dapat segera melakukan langkah penanganan awal. Mengingat, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Sehingga saudara kita, dapat kembali mencari rezeki,”kata Neng.

Selain itu, pembentukan relawan pemadam kebakaran khusus untuk sektor pasar dan edukasi mengenai mitigasi kebakaran perlu dilakukan. Mengingat, kebakaran di pasar Manonda bukan kali pertama terjadi.

Penyediaan perlengkapan penanganan kebakaran bagi petugas damkar juga perlu menjadi. Mengingat, masih banyak peralatan petugas yang belum memadai.

“Secara kelembagaan, kami akan mendorong hal ini. Mengingat kebakaran adalah musibah yang tidak dapat kita ketahui, namun jika kita sigap. Maka kerugian material maupun jiwa bisa kita cegah,”tandasnya. RES

Baca Juga