Peringati HSN, Komunitas Statistik Tanam Mangrove

  • Whatsapp

LAYANA INDAH, MERCUSUAR – Memperingati Hari Statistik Nasional (HSN), Komunitas Statistik, BPS Kota Palu, dan BSI Area Palu menggelar penanaman mangrove di Pantai Dupa, Kelurahan Layana Indah, Kecamatan Mantikulore, Selasa (19/9/2023).

Kepala BPS Kota Palu, GA Nasser mengatakan, jumlah tanaman mangrove yang ditanam dalam memperingati HSN sebanyak 1000 mangrove, dengan tujuan untuk menjaga ekosistem pesisir di wilayah Pantai Dupa.

“Kami mengajak Komunitas Statistik beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Palu dan Komunitas Mangrovers untuk menanam mangrove di wilayah laut pesisir yang tergerus saat bencana 2018. Tahun 2021 kami sudah melakukan penanaman mangrove bersama BRIN dan saat ini tumbuhan mangrove sudah bertumbuh,” ujarnya.

Kepala BPS Provinsi Sulteng, Simon Sapari, mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Apalagi, Kota Palu yang pernah mengalami bencana alam, sehingga keberadaan mangrove bisa meminimalisir tsunami di wilayah pantai.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini yang diinisiasi BPS Kota Palu, sebagai bentuk perhatian terhadap lingkungan sekitar, diharapkan kegiatan ini bisa bermanfaat untuk melindungi wilayah pantai dari abrasi air laut,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, Muhammad Arief menyambut baik kegiatan ini, karena membantu Pemerintah Kota Palu dalam melindungi pantai dari abrasi atau bencana tsunami seperti 2018. Pemkot Palu telah menanam ribuan mangrove untuk melestarikan lingkungan pantai dan kolaborasi dengan pihak lain, sangat membantu dalam proses percepatan penanamannya. HAI

Baca Juga