Personel Disdamkarmat Latihan Pemulasaran Jenazah

Damkar-a48296fc

TANAMODINDI, MERCUSUAR – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kota Palu menggelar kegiatan pengenalan perangkat pemulasaran serta tata cara pemulasaraan jenazah kepada para personel. Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan skill petugas pemulasaraan jenazah korban kebakaran di Kota Palu, Kamis (4/11/2021).

“Ini kegiatan pertama dan inisiatif Kepala Damkarmat, Sudaryono Lamangkona sebagai tugas tambahan bila terjadi korban kebakaran dengan memaksimalkan penanganan bagi jenazah yang meninggal,”kata Kepala Bidang Pencegahan Bencana Disdamkarmat Kota Palu, Sahrir.

Lanjut Sahrir kegiatan ini diikuti oleh 25 personel, dimana bertujuan bila terjadi kebakaran dan terdapat korban jiwa, maka personel Damkar telah siap melakukan pemulasaraan jenazah.

“Setiap personil diberikan materi pemulasaraan yang diajarkan Sutomo Ferry, melakukan pemulasaraan tahap ber tahap,ā€¯ujarnya.

Dirinya menuturkan, kegiatan tersebut diadakan di Kantor Damkar Kota Palu di Jalan Balaikota Timur. Mulai pukul 13.00 hingga 15.30 wita. Hal ini untuk melatih kesiagaan dan kesiapan petugas dalam skenario terburuk menangani korban jiwa kebakaran

“Diharapkan minimal personil paham pelaksanaan pemulasaraan jenazah, sehingga sudah siap saat terjadi emergency. Personel akan dibekali kemampuan untuk pengurusan jenazah. “Mulai dari memandikan mengkafani hingga menguburkan jenazah. Seluruhnya dilaksanakan sesuai dengan prosedur kesehatan,”ujarnya. ABS

Pos terkait