SMAN 4 Palu Laksanakan Lomba PBB Variasi

  • Whatsapp
SMAN 4 PBB Variasi

PALU, MERCUSUAR – Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMAN 4 Palu, menyelenggarakan lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) Variasi SMP dan SMA se- Kota Palu dan sekitarnya. Kegiatan itu dilaksanakan di halaman SMAN 4 Palu.

Kegiatan tersebut diikuti 11 sekolah di antaranya, SMPN 4 Palu, SMPN 2 Palu, SMAN 2 Palu, SMPN 1 Palu, SMKN 1 Banawa, SMAN 1 Palu, MTsN 1 Palu, SMAN 2 Sigi, SMPN 6 Palu, SMKN 2 Palu, SMAN 4 Palu.

Ketua Panitia Pelaksana Lomba, Moh Rifaldi menjelaskan, lomba PBB variasi merupakan ajang yang memperlombakan PBB, dengan tambahan variasi untuk memperindah gerakan PBB tersebut. Selain itu, kerapihan dan kekompakan dalam melaksanakan PBB dan variasinya menjadi penilaian pada pelaksanaan lomba ini.

Dengan begitu, kekompakan yang dibangun pada lomba ini bermakna sangat penting, yaitu untuk mencapai sesuatu harus berkerjasama serta menjaga kekompakan.

Pilihan Redaksi :  Ketua DPRD Sulteng Tabur Bunga di Teluk Palu-Donggala

“Jadi  penilaian itu adalah kerapihan dan kekompakan balik kiri dan balik kanan tim PBB peserta lomba. Kegiatan ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh PKS SMAN 4 Palu. Untuk tahun ini, kami bekerjasama dengan beberapa pihak untuk menyelenggarakan lomba diantaranya Polres Palu yang bertindak sebagai dewan juri, serta Honda sebagai sponsor utama pada pelaksanaan lomba ini,”jelasnya, Jumat (14/9/2018).

Secara garis besar, kata dia, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, untuk membangun tali silaturahmi antar PKS se Kota Palu dan sekitarnya. Jadi, kata dia, kegiatan ini bukan hanya berkompetisi menunjukan kekompakan dalam PBB, tetapi berupaya menjalin silaturahmi untuk saling berbagi pengalaman dalam menjalan tugas sebagai Patroli Keamanan Sekolah di sekolah masing-masing. Sehingga, para peserta dapat saling bertukar informasi yang bermanfaat untuk membangun ekstrakurikuler PKS di sekolah masing-masing.

Pilihan Redaksi :  Kalsum Pimpin DPC PAN Tawaeli

Untuk itu, sebagai kegiatan yang dilaksanakan oleh pelajar, hadiah dari kegiatan ini juga tidak terlalu besar yaitu untuk Juara 1 mendapatkan piala dan bonus sebesar  Rp1,5 juta, Juara 2 mendappatkan piala dan bonus sebesar Rp1 juta, dan juara 3 juga mendapatkan piala dan bonus sebesar Rp500 ribu.

Rifaldi berharap, agar sekolah-sekolah yang belum berpartisipasi pada kegiatan tersebut kedepannya dapat berpartisipasi. Pasalanya, semua sekolah SMP dan SMA di Kota Palu dan sekitarnya telah diberikan undangan untuk mengikuti lomba. Tetapi, dari sekian banyak sekolah, hanya 11 sekolah yang berpartisipasi pada kegiatan ini. Padahal, kata dia, maksud dan tujuan lomba sangat bagus demi kemajuan ekstrakurikuler PKS masing-masing sekolah. UTM

Baca Juga