SMP Laksanakan Pengumuman PPDB Serentak

  • Whatsapp
PPDB - Sejumlah orang tua saat melihat pengumuman mengenai PPDB, yang disiapkan oleh SMPN 1 Palu, beberapa waktu lalu. FOTO: RUSTAM/MS

PALU, MERCUSUAR – Seluruh SMP Negeri di Kota Palu akan melaksanakan pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara serentak pada hari ini, Kamis (4/7/2018). PPDB untuk tingkat SD dan SMP di Kota Palu sangat ketat, karena menggunakan sistem zonasi, jadi dipastikan jika mendaftar di luar zonasi akan digugurkan.

Dengan adanya sistem zonasi yang diterapkan di Kota Palu, pendidikan seakan merata terutama pada PPDB, sebab tidak ada lagi sekolah yang kekurangan siswa seperti tahun sebelumnya yang tertumpuk di sekolah unggulan di Kota Palu. Contohnya saja pendaftar SMPN 1 Palu tahun ini hanya mencapai 450 siswa, karena hanya menerima sesuai dengan zona. Padahal tahun sebelumnya jumlah pendaftar di sekolah bisa mencapai 1000 lebih.

Pilihan Redaksi :  Masyarakat Diminta Kurangi Sampah Plastik

Berita Terkait

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, Ansyar Sutiadi mengatakan, pihaknya memastikan pengumuman ini bisa berjalan dengan lancar, karena pendaftar sesuai dengan zonasinya masing-masing.

“Tahun ini kami hanya memberikan peluang 5 persen bagi siswa di luar zonasi, tetapi harus memiliki prestasi, 5 persennya lagi diberikan kepada siswa yang mengikuti orang tuanya kerja. Makanya tidak ada lobi-lobi dalam PPDB tahun ini, karena kami berupaya kedepannya seluruh sekolah bisa merata,” katanya.

Disdikbud Kota Palu juga sudah menjalin kerja sama dengan seluruh kelurahan di Kota Palu untuk bisa memudahkan masyarakat untuk mengurus berkas mereka yang akan digunakan untuk mendaftar di sekolah. Pihaknya juga mengakui bahwa fasilitas di sekolah memang belum merata, tetapi kedepannya mereka akan melengkapi berbagai fasilitas yang ada di sekolah pinggiran tersebut.

Pilihan Redaksi :  Vaksinasi Covid-19 Sulteng Capai 1.139.362 Jiwa

“Dengan adanya jadwal untuk pengumuman PPDB SMP, maka masyarakat bisa melihat langsung anak mereka apakah mereka diterima atau tidak. Bagi yang tidak diterima masih disiapkan berbagai sekolah lainnya, yang sesuai dengan zona mereka masing-masing. Jadi tidak usah khawatir, intinya seluruh anak wajib mengikuti pendidikan tanpa terkecuali,” terangnya.

Setelah pengumuman tersebut, sekolah akan kembali membuka pendaftaran ulang bagi para siswa yang dinyatakan lolos. Setelah pendaftaran ulang maka mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). UTM

Baca Juga