Unismuh Jalin Kerjasama dengan Tiga Universitas Tiongkok

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu melakukan kerjasama dengan tiga Universitas di Tiongkok, yakni Hubei University of Technology di Shenzen, Beijing Union University di Beijing, dan University of International Bussiness and Economics di Beijing.

Rektor Unismuh Palu, Dr H Rajindra SE MM mengatakan, Unismuh Palu telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan tiga universitas di Tiongkok. MoU itu terkait dengan studi lanjut mahasiswa S2 di Tiongkok dan studi S3 Dosen Unismuh Palu di Tiongkok. Selain itu, juga untuk program pertukaran mahasiswa dan dosen.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Pemprov Kirim Mobil Vaksin ke Daerah

“Kerjasama ini juga sebagai bentuk kunjungan persahabatan serta kegiatan kolabarasi konferensi dan penelitian,” jelas Rajindra, Kamis (26/4/2018).

Kata dia, selama tiga hari (14-17 April 2018), pihaknya berkunjung ke Tiongkok, didampingi Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Unismuh Palu, Dr Sri Jumiaty MSi. Kala itu, selain Unismuh Palu, juga ada Uhamka Jakarta sebagai koordinator kunjungan. Selain itu, juga ada Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), UM Palangkaraya, UM Maluku Utara, STIE Mamuju, dan Universitas Teknokrat Lampung.

Kegiatan kunjungan itu, dipimpin langsung oleh Bendahara Umum PP Muhammadiyah Suyatno, didampingi Perwakilan Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah Sudarnoto Abdul Hakim dan Perwakilan Pimpinan Pusat Aisyiyah Rohimi. “Pertemuan di Tiongkok difasilitasi oleh Cina Indonesia University Alliance (CIUA) dalam menindaklanjuti kerjasama yang telah disepakati sebelumnya dengan Uhamka Jakarta. Atau tindaklanjut dari pertemuan di Uhamka tanggal 21 November 2017,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  Terima Kunjungan M1G, Farid Podungge: Mari Kita Jaga Silaturahmi Sesama Anak Bangsa

Kata Rektor, dengan adanya MoU itu, maka mahasiswa Unismuh Palu, yang baru selesai S1, disilakan melanjutkan studi ke Tiongkok untuk S2. Begitu juga dosen yang ingin S3, silakan menempuh studi di Tiongkok. Ada tiga universitas yang jadi sasaran studi, baik oleh mahasiswa maupun dosen, yakni Hubei University of Technology Shenzen, Beijing Union University dan University of International Bussiness and Economics Beijing.

“Unismuh Palu juga berencana akan melakukan pertukaran mahasiswa dan dosen, dengan tiga universitas di Tiongkok itu. Hal Ini merupakan langkah kami sebagai upaya untuk terus melakukan pengembangan Unismuh Palu yang lebih maju dan berkembang, harapan kami kedepan Unismuh Palu menjadi universitas swasta unggulan di Sulawesi Tengah,” pungkasnya. UTM

Baca Juga